Seluruh Direksi Kimia Farma Diagnostika Dipecat Erick Tohir

Seluruh Direksi Kimia Farma Diagnostika Dipecat Erick Tohir

JAKARTA - Seluruh Direksi Kimia Farma Diagnostika (KFC) dipecat dan akan diganti pejabat baru. Posisi ini dirombak atas Keputusan Menteri BUMN Erick Tohir.

Langkah ini, tidak dipungkiri imbas kasus tes swab antigen bekas di Bandara Kualanamu.

\"Setelah melakukan pengkajian secara komprehensif, langkah (pemberhentian) ini mesti diambil. Selanjutnya, hal yang menyangkut hukum merupakan ranah dari aparat yang berwenang,\" kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangannya, Minggu (16/5/2021).

Erick menegaskan apa yang terjadi di Kualanamu adalah persoalan yang mesti direspons secara profesional dan serius. Setelah melakukan penilaian secara terukur dan berlandaskan semangat good corporate governance, langkah tegas mesti diambil.

Terkait kasus alat tes antigen bekas di Kualanamu, Erick Thohir menegaskan semua BUMN terikat pada kesepakatan bersama untuk bertindak profesional sesuai dengan core value yang dicanangkan, yaitu amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Apa yang terjadi dalam kasus tes antigen bekas di Kualanamu dinilai bertentangan dengan core value tersebut.

Erick Thohir menjelaskan, ada kelemahan secara sistem yang membuat kasus antigen bekas bisa terjadi. Hal ini berdampak luas bagi kepercayaan masyarakat.

Menurut Erick, sebagai perusahaan layanan kesehatan, rasa kepercayaan yang diperoleh dari kualitas pelayanan menjadi hal yang tak bisa ditawar. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: