Terjadi Lagi, WN China Masuk Indonesia, Kali Ini Pakai Baju Hazmat

Terjadi Lagi, WN China Masuk Indonesia, Kali Ini Pakai Baju Hazmat

TANGERANG - Warga Negara (WN) China kembali masuk Indonesia, di tengah larangan penerbangan. Mereka tiba di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (17/05/2021).

Hal itu diketahui dari video yang beredar di media sosial. Disebutkan kedatangan mereka menggunakan pesawat carter China Southern CZ387 dari Ghuangzo.

Mereka nampak menggunakan baju hazmat warna putih. Dalam video itu, mereka sedang diperiksa di bandara.
Berdasarkan manifest terdapat 170 penumpang asal China diantaranya 158 warga negara China dan 12 orang warga negara Indonesia.

Ironisnya kedatangan warga asal China ini berlangsung ditengah larangan pemerintah terhadap masuknya warga asing dengan pesawat carter hingga 17 mei 2021 mendatang.

Usai di data warga negara China yang baru tiba ini diwajibkan melakukan karantina selama 5 hari disebuah hotel yang ditunjuk pemerintah dangan biaya mandiri (sendiri).

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati membenarkan peristiwa itu, namun menurutnya ratusan orang itu tidak menggunakan pesawat carter seperti yang dinarasikan.

\"Itu penerbangan reguler yang membawa penumpang umum. Pesawat carter yang bawa TKA dari luar negeri sudah diberhentikan sejak 5 Mei 2021,\" kata Adita, seperti dilansir Suara.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto juga menyebut tidak ada pesawat carter yang masuk ke Bandara Soetta sejak Menhub Budi Karya Sumadi menutupnya. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: