Pemerintah Klaim Covid-19 Terkendali

Pemerintah Klaim Covid-19 Terkendali

MESKI mobilitas masyarakat ke tempat-tempat wisata mengalami peningkatan signifikan di masa libur Idul Fitri 1442H, namun pemerintah mengklaim bahwa penyebaran virus Corona (Covid-19) tetap terkendali.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, usai menggelar rapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait evaluasi lebaran, Senin (17/5).

“Terjadi kenaikan signifikan wilayah oranye di beberapa kota, seminggu sebelum lebaran dan 4 hari akhir pekan saat lebaran yang kenaikan 38 sampai 100 persen terutama di Jakarta, Subang, Pangandaran,” ungkap Airlangga.

Menurut Airlangga, lonjakan yang terjadi di kawasan-kawasan wisata tersebut berhasil diatasi dengan cara penutupan sementara objek wisata tersebut. Ia mencontohkan seperti kawasan Taman Margasatwa Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, hingga objek wisata favorit lainnya seperti Pangandaran dan pariwisata Ciwidey di wilayah Jawa Barat.

Sementara itu untuk objek wisata di kawasan lain seperti Bali, Gorontalo, Sulawesi Barat hingga Maluku Utara, disebut mobilitas pengunjungnya masih rendah.

Airlangga mengklaim kasus HIV relatif terkendali dengan peringkat nasional 5,2 persen dan kesembuhan 92 persen yang lebih baik dari global. Kasus kematian justru lebih buruk dengan 2,8 persen.

“Pemerintah juga memberlakukan uji acak untuk beberapa provinsi yang menuju Jakarta di Jawa dan arahan Presiden perkuat PPKM mikro baik di tempat mereka berangkat dan tempat tujuan di daerah,” pungkasnya. ( fin )

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: