BBWS Cimancis Sudah Bangun 33 Embung untuk Antisipasi Kekeringan

BBWS Cimancis Sudah Bangun 33 Embung untuk Antisipasi Kekeringan

CIREBON - Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis) gelar Apel Siaga Antisipasi Kekeringan.

Apel Siaga Antisipasi Kekeringan tersebut berlangsung di kawasan embung Sarwadadi, Desa Sarwadadi, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jumat (28/5).

Hadir dalam apel tersebut, dari unsur DPUPR Kabupaten Cirebon, Babinsa setempat dan pemerintah Desa Sarwadadi.

“Hari ini (28/5), kami bersama semua unsur bacakan deklarasi kesiapsiagaan yang kemungkinan akan terjadi mengingat sudah memasuki musim kekeringan,\" ujar Kepala BBWS Cimancis, Ismail Widadi.

Ismail menyebutkan, ada sejumlah titik di Cirebon Raya yang berpotensi terjadinya kekeringan.

\"Daerah langganan kekeringan di Cirebon Raya yakni di wilayah Cirebon Timur Kabupaten Cirebon dan pesisir Indramayu,\" sebutnya.

Dikatakan Ismail, BBWS Cimancis telah membuat penampungan air berupa embung dan waduk untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan.

\"Ada 33 embung sudah kami bangun. Untuk mengantisipasi kekeringan. Selain itu juga kami siapkan sumur-sumur dan mobil tanki air untuk mendistribusikan ke daerah kekeringan,\" katanya.

Ismail menjelaskan, daerah yang mengalami kekeringan disebabkan jauh dari sumber air.

\"Pada umumnya suatu daerah yang mengalami kekeringan adalah jauhnya sumber air atau jauh dari sistem pengairan yang kita bangun,\" jelasnya.

Ismail menambahkan, pihaknya sudah membentuk satgas untuk menghadapi musibah kekeringan.

“Kami juga siapkan posko di daerah langganan kekeringan. Kami pun menyiagakan peralatan penunjang seperti kendaraan alat berat, mobil tanki air, bor sumur, hingga pompa air. Kami mengajak semua elemen untuk bersama-sama mengantisipasi kekeringan yang mungkin terjadi,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: