Bashar al-Assad Kembali Pimpin Suriah

Bashar al-Assad Kembali Pimpin Suriah

BASHAR al-Assad memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) Suriah dengan raihan 95,1% suara. Kemenangan tersebut membawa Assad kembali memimpin Suriah untuk keempat kalinya. Ketua Parlemen Rezim Hamouda Sabbagh mengungkapkan, jumlah pemilih sekitar 78%, sementara lebih dari separuh rakyat negara tidak bisa pergi ke tempat pemungutan suara.

\"Assad memperoleh 13,5 juta suara, sementara Mahmoud Ahmad Marei, salah satu kandidat, menerima 3,3 persen atau 470.276 suara,\" ujar Sabbagh, dikutip RMOL, Jumat (28/5).

Assad terus menjadi pemenang dalam setiap Pemilihan Umum (Pemilu) sejak mengambil alih kekuasaan pada 2000 sebagai pewaris ayahnya, Hafez al-Assad.

Keputusan mengadakan Pemilu dibuat meskipun ada konflik militer yang masih berlangsung, kurangnya solusi politik, kegagalan negosiasi antara oposisi dan rezim, serta penggusuran lebih dari 10 juta warga Suriah baik sebagai pengungsi atau orang yang terlantar secara internal.

Selain itu, sekitar 40 persen bagian negara tidak berada di bawah kendali rezim. Suriah telah terperangkap dalam perang sipil sejak awal 2011, ketika rezim menindak protes pro-demokrasi dengan kekerasan.

Selama satu dekade terakhir, sekitar setengah juta orang telah terbunuh dan lebih dari 12 juta harus meninggalkan rumah mereka.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: