Hari Lansia Nasional, Ini Total Lansia yang Sudah Mendapatkan Vaksin Covid-19 di Kabupaten Cirebon

Hari Lansia Nasional, Ini Total Lansia yang Sudah Mendapatkan Vaksin Covid-19 di Kabupaten Cirebon

CIREBON - Jumlah lansia di Kabupaten Cirebon saat ini sebanyak 158.605. Namun, yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 baru 5.256 orang.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih usai menghadiri peringatan Hari Lansia Nasional di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled, Rabu (2/6).

Dikatakan Wakil Bupati, vaksin Anti Covid-19 diberikan sebagai tanda penghormatan dan perlindungan kepada lansia, kelompok itu sangat rentan tertular covid-9.

\"Adanya vaksin tersebut, diharapkan para masyarakat lansia dalam kondisi sehat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga asupan makanan,\" katanya.

Menurut wanita yang akrab disapa Ayu ini, masih adanya lansia yang belum divaksinasi karena adanya keterlambatan distribusi vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan keterbatasan fisik lansia untuk mendatangi fasilitas kesehatan penyedia vaksin.

\"Kami gandeng para pengendara ojol, masing-masing membawa dua orang lansia untuk diantarkan ke tempat vaksinasi. Diharapkan, bisa mempercepat,\" ujarnya.

Sementara itu, Direktur Umum RSUD Waled, dr H Budi Setiawan Soenjaya, menyebutkan, vaksinasi ini merupakan perhatian dari kepada lansia atau bakti kasih anak kepada orangtua.

\"Masyarakat kelompok lainnya harus mendukung para lansia tetap sehat dan tidak terlular covid-19. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan. Vaksin ini untuk menurunkan angka kematian, lansia harus tetap produktif dan tidak menjadi beban,\" sebutnya.

Perlu diketahui, dalam peringati Hari Lansia tersebut pemerintah memberikan vaksin kepada kelompok masyarakat lansia. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: