Saat Aki-aki dari Cirebon-Purwokerto Road Trip 4 Ribu Km, Niat Mendaki Gunung Selamet, “Nyasar” ke

Saat Aki-aki dari Cirebon-Purwokerto Road Trip 4 Ribu Km, Niat Mendaki Gunung Selamet, “Nyasar” ke

CIREBON - Lima veteran pendaki gunung dari Cirebon dan Purwokerto mendaki Gunung Kerinci, sekaligus road trip 4 ribu kilometer lebih ke Pulau Sumatera.

Niat awal, mereka sebenarnya hanya ingin reuni kecil sembari mendaki Gunung Slamet.

Pendaki veteran asal Kota Cirebon, Abdul Kadir Usman salah satu yang bergabung dalam pendakian itu. \"Awalnya mau mendaki Gunung Slamet, tapi berubah malah road trip ke Sumatera,\" tutur Abdul Kadir, kepada radarcirebon.com, sepulang dari pendakian itu.

Perjalanan darat itu ditempuh dengan waktu kurang lebih dua hari menuju Kecamatan Kayu, di lereng Gunung Kerinci. Setelah menginap semalam, kemudian dilanjutkan untuk pendakian pada pagi harinya.

Pendakian itu dilakukan pada, Selasa (8/6/2021). Ini merupakan pengalaman pertama bagi Kadir mendaki Gunung Kerinci.

Usai mempelajari rute, mereka memutuskan pendakian hari pertama dilakukan dengan target mencapai Shelter 1. Sebab, pendaki dilarang untuk berkemah di Pos 1 hingga 3. Mengingat kawasan itu merupakan perlintasan Harimau Sumatera dan beruang madu.

\"jalur-pendakian-gunung-kerinci-2\"
Jalur pendakian gi Gunung Kerinci. Foto: Abdul Kadir Usman for radarcirebon.com

Hari kedua, perjalanan dilanjutkan dengan target mencapai Shelter 3.

\"Jalurnya sangat berat di hari kedua itu. Sejak Shelter 2 sampai Shelter 3 paling berat, nanjak terus enggak ada datar, enggak ada bonus sama sekali,\" tuturnya.

Jalur ini cukup sulit, karena untuk perjalanan mendaki mereka harus mengandalkan pegangan ke akar dan dahan yang melintang.

Namun, perjalanan belum uasi rupanya. Di Shelter 3 ini, para pendaki veteran ini menginap. Perjalanan baru dilanjutkan pada, Kamis (10/6/2021) menuju puncak Gunung Kerinci.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: