PPKM Mikro Kabupaten Cirebon, Kapolresta: Zona Merah, Jalan dan Gang Tutup Saja

PPKM Mikro Kabupaten Cirebon, Kapolresta: Zona Merah, Jalan dan Gang Tutup Saja

CIREBON - Kapolresta Cirebon mengimbau Satgas Covid-19 tingkat kelurahan menggandeng warga setempat dalam peyekatan tingkat RT dan RW, terutama di wilayah yang berstatus zona merah.

Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman ditemui usai meninjau Posko PPKM di Kelurahan Tukmudal dan Desa Cirebon Girang, Rabu (30/6).

\"Penyekatan jalan gang tingkat RT dan RW diperlukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Di permukiman warga yang banyak terpapar Covid-19 jalan gangnya ditutup saja, sisakan satu akses untuk keluar masuk dan dijaga ketat. Penjagaannya bisa melibatkan RT - RW dan warga setempat,\" ungkapnya.

Kombes Arif menambahkan, penyekatan jalan gang juga bertujuan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut.

Khususnya pasien terkonfirmasi positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

\"Agar mereka tetap di rumah saja dan kontak eratnya juga tidak berkeliaran keluar wilayahnya. Selain itu, penyekatan juga mengantisipasi warga setempat yang terpapar Covid-19 dari luar dan menyebarkannya ke keluarga serta orang sekitarnya,” ucapnya.

“Kasus Covid-19 yang seharusnya ditekan bisa bertambah akibat tingginya mobilitas warga. Maka, penjagaan akses keluar masuk jalan gang juga bisa memberdayakan warga setempat. Upaya ini juga semata-mata untuk kepentingan kita semua,\" imbuhnya.

Masih kata Kombes Pol Arif Budiman, pihaknya  siap memback-up dengan menurunkan personel untuk menjaga penyekatan jalan dan gang di permukiman warga. \"Saya mempersilakan lurah maupun kuwu yang merasa kekurangan tenaga untuk penyekatan berkoordinasi dengan Polsek terdekat. 30 personel Polresta Cirebon juga telah dilatih menjadi tracer Covid-19 dan telah mendapat pelatihan khusus untuk membantu tugas tenaga kesehatan (nakes). Puluhan personel tersebut merupakan tenaga tambahan setelah seluruh Bhabinkamtibmas Polresta Cirebon pun telah dilatih menjadi tracer,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: