Baru Uji Klinis, Harga Ivermectin Sudah Tak Masuk Akal, Bikin Masyarakat Menjerit

Baru Uji Klinis, Harga Ivermectin Sudah Tak Masuk Akal, Bikin Masyarakat Menjerit

JAKARTA - Ivermectin memang baru uji klinis sebagai terapi covid 19. Tapi harga obat cacing itu, sudah di luar batas wajar. Bahkan ada yang menjual sampai hampir Rp 1 juta.

Dari pantauan radarcirebon.com di platform jual beli online misalnya, obat ini untuk satu kemasan dengan isi 10 kaplet dijual di kisaran Rp 200 ribu.

Bahkan ada juga yang menjual Ivermectin 12 mg seharga Rp 965 ribu. Padahal obat ini, statusnya masih uji klinis di BPOM dan belum tentu lulus.

Penggunaan Ivermectin sebagai obat terapi Covid-19 juga masih pro dan kontra. Pasalnya, obat itu biasanya digunakan untuk membunuh parasit.

Meski secara experience base, ada beberapa orang yang mengaku meminum obat ini dan sembuh dalam tempo beberapa hari.

Misalnya, Komisaris PT Garuda Indonesia, Peter Gontha yang meminum Ivermectin setiap dua hari satu kali. Dan dalam waktu satu Minggu, dia sudah dinyatakan negatif.

Pengakuan lain diungkapkan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Saat sejumlah karyawannya positif covid-19, dia memberikan obat itu. Dan hasilnya juga menggembirakan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru saja mengeluarkan persetujuan uji klinis terhadap obat Ivermectin sebagai terapi Covid-19.

Uji klinis Ivermectin juga untuk memberikan akses pelayanan penggunaan Ivermectin pada penanganan kasus Covid-19 di Indonesia. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: