Kobarkan Semangat Patriotisme, Ribuan Orang Merayakan Seabad Partai Komunis Tiongkok

Kobarkan Semangat Patriotisme, Ribuan Orang Merayakan Seabad Partai Komunis Tiongkok

TIONGKOK-Meskipun Lapangan Tiananmen di Beijing diguyur hujan, perayaan seabad (100 tahun) Partai Komunis Tiongkok/Communist Party of China (CPC) yang dihadiri ribuan orang berlangsung khidmat, Kamis (1/7) pagi. Tak seorang pun beranjak dari kursi undangan yang dipasang di seluruh lapangan Tiananmen dan seputaran museum Kota Terlarang, dikutip dari Antara.

Kecuali kursi Presiden China Xi Jinping dan elite CPC, kursi tamu undangan di kedua landmark bersejarah tersebut tidak dilengkapi tenda. Pihak panitia membagikan tas di setiap kursi tamu undangan yang di dalamnya berisi jas hujan, topi, handuk, tiga botol air minum, terapi aroma, dan minyak angin.

Begitu turun hujan, para tamu undangan yang didominasi oleh kader partai berkuasa di China tersebut tinggal mengenakan jas hujan.

Hujan turun di tengah presiden sekaligus orang nomor satu di partai dan militer Tiongkok itu berpidato dengan nada tenang namun membakar semangat. Beberapa kali riuh tepuk tangan menggema di setiap Xi menyampaikan beberapa poin penting, terutama ketika mengobarkan semangat patriotisme rakyatnya.

“Rakyat Tiongkok tidak akan pernah membiarkan kekuatan asing menggertak, menindas, atau mengalahkan kami. Siapa pun yang mencoba melakukannya akan membentur tembok besar baja yang ditempa oleh lebih dari 1,4 miliar masyarakat Tiongkok,” tegas Xi.

Xi menekankan bahwa negaranya akan selalu bekerja keras menciptakan perdamaian, berkontribusi pada pembangunan global, dan menjaga ketertiban dunia dengan tetap melanjutkan upaya membangun komunitas masyarakat masa depan. Perayaan seabad Partai Komunis Tiongkok tidak hanya diisi pidato Xi yang berlangsung sekitar 1,5 jam itu.

Sebelumnya juga ada demo udara sejumlah helikopter dan pesawat tempur yang membentuk formasi angka 100. Disusul dengan dentuman meriam sebanyak 100 kali pula. (jp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: