Awas! Ada Potensi PHK Massal PNS, Dokter dan Guru Jadi Target

Awas! Ada Potensi PHK Massal PNS, Dokter dan Guru Jadi Target

JAKARTA - Jangan kaget. Akan ada potensi PHK massal di kalangan PNS. Profesi dokter dan guru yang jadi target.

Hal itu diungkapkan Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Alex Denni.

Alex Denni meminta seluruh PNS untuk meningkatkan kemampuan kapasitasnya. Sebab, menurut dia, hanya PNS yang punya kinerja baik, yang bisa bertahan.

\"Kita perlu waspadai job-job ASN akan hilang seperti dokter, guru. Ini tidak akan kita sadari karena dari tahun ke tahun merekrut sangat banyak,\" ujar Alex Denni dalam Rakornas kepegawaian BKN 2021 secara hybrid, Kamis (1/7). 

Dia mengingatkan, jangan sampai nanti pada suatu waktu tertentu terpaksa melakukan PHK massal. Karena pada waktu yang sama pemerintah sedang melakukan SPBE (sistem pemerintahan berbasis elektronik), digitalisasi, dan lain-lain.

Konsekuensi dari digitalisasi kata Alex adalah akan ada job yang hilang dan ada job baru yang muncul. 

\"Agenda kami untuk dua sampai tiga tahun ke depan adalah lebih banyak membahas perilaku. Kalau perilaku tidak berubah hasilnya tidak maksimal. Bahkan bisa lebih buruk daripada sebelumnya,\" tegasnya.

Selain itu tambah Alex, perlu ada mindset baru. Saat ini masih ada PNS dengan mindset-nya biar kerja santai, bisa dapat pensiun dan ada banyak waktu luang. PNS juga berpikir kementeriannya tidak akan bubar, sehingga tidak akan kena PHK. 

\"Jika sebagian ASN berpikir seperti itu maka perilaku yang muncul adalah etos kerja yang secukupnya saja,\" ucapnya.

Ironisnya kata Alex itu pola pikir itu bisa menular kepada yang lainnya. Karena PNS yang punya etos kerja tinggi akan membandingkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: