Sejarah Jalan Evakuasi Cirebon, Dulunya Tempat Pejuang Melarikan Diri

Sejarah Jalan Evakuasi Cirebon, Dulunya Tempat Pejuang Melarikan Diri

CIREBON - Perjuangan rakyat Cirebon melawan penjajah baik di era sebelum kemerdekaan maupun agresi militer, diabadikan dalam beberapa nama jalan. Salah satunya Jl Evakuasi, yang punya cerita tersendiri dalam sejarah penamaannya.

Sejarahwan Cirebon, Mustaqim Asteja menyebutkan, semasa perjuangan ada banyak laskar yang dibentuk untuk melakukan perlawanan. Salah satunya Laskar Kancil Merah yang melebur dengan Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Saat itu Jalan Evakuasi dan Jalan Perjuangan menjadi medan pertempuran. Kenapa demikian, karena memang pertempuran adanya di pinggiran kota.

Dinamai Jalan Evakuasi karena digunakan oleh para tentara melarikan diri. Sementara Jl Perjuangan, adalah medan pertempurannya. Ada juga Jalan Tentara Pelajar yang dulu merupakan markas Tentara Pelajar.

Kemudian ada juga nama Jalan Merdeka di Lemahwungkuk. Dulu di situ pusat Pemerintahan Belanda. Dengan adanya kemerdekaan diganti menjadi Jalan Merdeka. Saat Belanda berkuasa, namanya Land Eijken.

Sesuai dengan nama tokoh yang membuat kawasan itu. “Memang ini perlu digali lagi. Supaya masyarakat mengetahui, bahwa nama-nama itu tidak sekadar nama. Ada perjuangan di balik itu,” tukasnya, kepada Radar Cirebon, beberapa waktu lalu.

Bila tidak digali, ia khawatir ke depan artefak ini hilang. Seiring dengan perkembangan kota. Misalnya di depan Grage Mall. Di situ dulu ada lapangan tempat Bung Karno melakukan apel besar. Yang kini hilang tanpa ada dokumentasi penunjang.

Namun yang terpenting, kata Mustaqim, sebagai mana perjuangan kronologi sejarah ini yang patut diteladani generasi muda. “Menggambarkan perjuangan itu penting, untuk bisa diteladani,” tukasnya.

Ia berharap pemerintah menyempurnakan monumen ini. Bentuknya terlalu mini. Idealnya bukan hanya relief. Ada fasilitas lain yang menunjang lainnya dan terintegrasi.

Sehingga bisa dipakai generasi muda menghayati nilai-nilai perjuangan. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: