Nasihat Ahli Amerika untuk Indonesia Mengontrol Covid: Pemimpin Agama dan Politik Harus Beri Contoh

Nasihat Ahli Amerika untuk Indonesia Mengontrol Covid: Pemimpin Agama dan Politik Harus Beri Contoh

CIREBON - Ahli Penyakit Menular Amerika Serikat (AS), Faheem Younus MD memberi nasihat untuk penanganan covid 19 di Indonesia.

Vice President Infectious Diseases University of MD UCH itu mengungkapkan, peran pemimpin agama dan politik sangat penting. Mereka harus memberi contoh.

\"Orang yang terpecah tidak bisa menang melawan virus yang bersatu,\" tulis Faheem, seperti dilansir radarcirebon.com, Kamis (8/7/2021).

Dia juga memberi saran terkait mengontrol covid-19. Yang pertama dan paling penting adalah mendidik massa, ikuti sains, memakai masker, batasi pertemuan dalam ruangan dan terakhir memvaksinasi.

Terkait dengan aksi masyarakat Indonesia yang kerap terpicu dan reaktif terhadap barang-barang peningkatan kekebalan tubuh yang masih bersifat asumtif, dia juga menyampaikan sarannya.

\"Jangan membeli barang komersial berlabel \"peningkat kekebalan\". Tidak ada hal seperti itu yang disetujui oleh WHO atau badan ilmiah lainnya,\" tulis Faheem.

\"Gunakan uang yang sama untuk membeli masker wajah sebagai gantinya. Pandemi adalah tragedi kemanusiaan, bukan peluang bisnis,\" tandasnya.

Termasuk terkait dengan penggunaan oksigen untuk pasien yang isolasi mandiri di rumah. \"Jangan panik (staf calm\",\" tulisnya.

Disampaikan Faheem, 85 persen pasien covid tidak membutuhkan oksigen ekstra, antivirus atau rawat inap. Mereka dapat sembuh di rumah dengan pengobatan simtomatik.

\"Jika Anda berusia di bawah 60 tahun dengan oksimetri nadi lebih tinggi dari 92 persen, kemungkinan besar Anda termasuk di antara 85 persen,\" tulisnya. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: