Cuma di Negara +62, Dukun Berhasil Tangkap Covid dan Dimasukan ke Botol, Begini Ceritanya

Cuma di Negara +62, Dukun Berhasil Tangkap Covid dan Dimasukan ke Botol, Begini Ceritanya

DI sejumlah platform media sosial tengah beredar postingan video yang berasal dari aplikasi tiktok dan diklaim sebagai video sekumpulan orang yang sedang menangkap Covid 19 dan dimasukkan ke dalam botol.

Dalam video itu, nampak seorang berpakaian seperti ustad tengah melakukan ritual seperti menangkap sesuatu di udara. Kemudian dengan gerakannya yang sigap, dimasukan ke dalam botol.

Disebutkan bahwa yang ditangkap dan dimasukan ke dalam botol adalah virus corona atau covid-19.

Dilansir dari Jabar Saber Hoaks, dari hasil penelusuran dengan google image, ditemukan artikel serupa berjudul \"This video has circulated online more than one year before COVID-19 was first detected\" yang dimuat situs Factcheck.afp.com, pada 27 Maret 2020.

Situs Factcheck.afp.com menyebutkan video tersebut dibuat dan disebarkan sejak 2018.

Dalam artikel tersebut AFP berbicara kepada pemilik akun Instagram, Muhammad Rizky selaku pembuat, melalui Instagram Direct Message pada 24 Maret 2020.

Dia mengatakan video itu diambil sekitar tahun 2018, di salah satu rumah sakit di kota Malang, sebelum wabah virus corona.

Konteks video itu menghibur rekan yang kakinya cedera. Dia yang cedera itu kebetulan anggota tim nasional sepak bola Indonesia bernama Hanif Sjahbandi.

Dapat disimpulkan bahwa klaim video menangkap Covid-19 dan dimasukkan ke botol tidak benar.

Video tersebut dibuat dan disebar sejak 2018 sebelum Covid-19 muncul, video tersebut dibuat untuk menghibur seorang yang kakinya cedera.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis satire/parody. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: