Tim Penilaian DLH ke Kesenden, Ini yang Dilakukan

Tim Penilaian DLH ke Kesenden, Ini yang Dilakukan

CIREBON - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon menggelar lomba kebersihan tingkat RW se-Kota Cirebon.

Adapun yang menjadi penilaian untuk lomba tahun ini yaitu penilaian terhadap RW bersih yang sudah memiliki bank sampah maupun belum dan RW yang sudah pro.

Pantauan radarcirebon.com, tim penilai dari DLH Kota Cirebon mengunjungi RWO4 Kampung Kebon Benteng Tengah, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksaan. Mereka melakukan penilaian mulai dari kebersihan RW, juga keberadaan bank sampah dan sarana prasarana lainnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kota Cirebon Kadini kepada radarcirebon.com mengatakan, lomba kebersihan tingkat RW se-Kota Cirebon tersebut dilaksanakan jelang Hari Jadi Kota Cirebon dan Hari Kemerdekaan Indonesia.

\"Kalau lomba kebersihan untuk RW yang memiliki bank sampah ini baru pertama kali diadakan di Kota Cirebon. Jadi setiap kelurahan harus menunjuk dua RW yang memiliki bank sampah dan tidak punya bank sampah untuk ikut dilombakan,\" katanya, Jumat (23/7).

Sementara itu, Lurah Kesenden Ruliyanto menuturkan, RW 04 Kampung Kebon Benteng Tengah dan RW 05 Kampung Kebon Benteng Timur diikut sertakan dalam lomba kebersihan tingkat RW se-Kota Cirebon.

\"Alhamdulillah pada hari ini (23/7) RW04 Kebon Benteng Tengah serta RW 05 Kebon Benteng Timur kedatangan tim penilai lomba RW bersih kategori bank sampah di RW04 dan non bank sampah di RW05. Untuk kategori bank sampah sendiri sudah berjalan dari tahun 2016 dan sudah menjalin kemitraan dengan rumah zakat. Adapun untuk inovasi yang telah dilakukan bank sampah RW 04 sudah menjadi mitra unit usaha koperasi warga bangkit yg juga berada di wilayah Kesenden sehingga kebermanfaatan untuk warga lebih optimal dengan diberikannya fasilitas pinjaman tetapi membayar dengan cara menyetorkan sampah,\" tuturnya.

Menurut Ruli, pihaknya juga telah menggandeng pihak swasta dalam mempromosikan hasil karya kerajinan daur ulang sampah.

\"Jadi kami bekerja sama dengan hotel Bentani untuk membantu dan menyediakan tempat untuk display hasil kerajinan tangan hasil daur ulang bank sampah agar bisa dilihat tamu hotel. Pihak hotel Bentani juga merupakan hotel yang ramah lingkungan dengan langkah mengolah sampah organik menjadi cairan pembersih yakni Eco Enzyme. Kami berharap dengan bebrapa inovasi yang telah diterapkan mampu memotivasi kami untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, nyaman serta mampu meraih prestasi maksimal dalam perlombaan rw bersih tingkat kota ini,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: