Rata-rata 980 Suntik Vaksin/Hari, Kota Cirebon Baru Agustus 2022 Herd Immunity

Rata-rata 980 Suntik Vaksin/Hari, Kota Cirebon Baru Agustus 2022 Herd Immunity

CIREBON - Pelaksanaan vaksinasi covid 19 di Kota Cirebon dan wilayah sekitarnya perlu dipercepat. Dengan rata-rata penyuntikan vaksin 980/hari, untuk Kota Cirebon saja, butuh waktu sampai Agustus 2023.

\"Dengan kecepatan yang ada sekarang, bisa-bisa baru selesai Agustus 2023. Jadi perlu percepatan, sehari harus bisa 3 ribu vaksin,\" kata Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs Agus Mulyadi MSi, kepada radarcirebon.com, Selasa (27/7/2021).

Tidak hanya Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, hingga Indramayu, juga butuh waktu sampai 2023 untuk menuntaskan target 70 persen penduduk divaksin dan mencapai herd immunity.

\"Ini karena tingginya pergerakan masyarakat. Tidak bisa Kota Cirebon sendirian herd immunity. Ini harus tercapai bersama-sama,\" tuturnya.

Menurut pemaparan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, hanya Kota Bandung dan Cimahi yang bisa memenuhi target harian vaksin covid-19. Diperkirakan kedua kota tersebut akhir tahun 2021, selesai mencapai kekebalan komunitas.

Sedangkan Kabupaten Tasikmalaya, dengan kecepatan vaksinasi yang dilakukan, diperkirakan baru selesai pada tahun 2027.

Untuk jumlah komulatif, Kota Cirebon masih ada di urutan dua capaian vaksinasi di Jabar.

\"Untuk vaksinasi, Kota Cirebon sudah 35 persen. Hasil evaluasi terakhir dari Gubernur, Kota Cirebon posisi 2 di Jawa Barat,\" katanya.

Sekda mengungkapkan, Agustus akan ada droping vaksin besar-besaran dari provinsi, di samping dari TNI-Polri juga akan ada pengiriman dengan jumlah cukup besar.

Gubernur juga menginginkan adanya percepatan dalam pelaksanaan vaksinasi, sehingga April 2022 sudah 70 persen divaksin atau herd immunity. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: