Ini Cara Agar Bisa Berhenti Merokok, Simak Penjelasannya

Ini Cara Agar Bisa Berhenti Merokok, Simak Penjelasannya

BANYAK orang yang mengatakan ingin berhenti merokok, namun belum juga bisa berhenti merokok. Jika bisa berhenti, biasanya hanya sementara dan akan kembali lagi merokok. Karena nikotin yang ada dalam rokok mempengaruhi cara kerja otak. Mengikat efek bagi para perokok untuk merasa tercandu.

Menurut dr. Hanung Tyas, sejatinya berhenti merokok memang harus dimulai dari diri sendiri, tentu dengan tips-tips yang ampuh dan bertahap. Berikut adalah 5 cara untuk berhenti merokok:

1. Niat dan Tekad Kuat

Orang yang ingin berhenti merokok tentunya harus memiliki tekad dan niat yang kuat untuk melawan efek dari nikotin yang diberikan ke otak.

Selain itu, motivasi yang kuat untuk berhenti merokok bisa membuat otak secara refleks akan mengatakan tidak pada rokok.

2. Berhenti Seketika

Hari ini anda masih merokok, besok, anda berhenti sama sekali.

3. Penundaan merokok

Menunda saat menghisap rokok pertama, 2 jam setiap hari dari hari sebelumnya.

4. Pengurangan Merokok

Jumlah rokok yang dihisap setiap hari dikurangi secara berangsur-angsur dengan jumlah yang sama sampai 0 batang pada hari yang ditetapkan.

5. Berolahraga Rutin dan Banyak Minum Air Putih

Untuk menghindari merokok dan berhenti merokok secara total, lakukanlah kebiasaan yang baik.

Misalnya melakukan sesuatu yang menyehatkan jiwa raga, seperti berolahraga, berkebun, menulis dan melukis. Dan jangan lupa minumlah air putih lebih banyak.(len/tipstren)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: