Waspada! Pandemi Covid-19 Belum Usai, Pakar Virus: 3T, 5M dan Vaksinasi Harus Dilakukan

Waspada! Pandemi Covid-19 Belum Usai, Pakar Virus: 3T, 5M dan Vaksinasi Harus Dilakukan

JAKARTA – Masyarakat perlu waspada, meski kasus positif Covid-19 sudah menurun. Tapi, krisis pandemi virus Corona ini belum berakhir.

Pasalnya, ada ancaman gelombang ketiga pandemi dengan munculnya varian baru Covid-19.

“Kita memang sudah melewatu puncaknya. Namun krisis belum berakhir. Masa krisis varian Delta ini rata-rata 12 minggu. Itu bisa sampai akhir September 2021,” kata Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University, Dicky Budiman, dikutip dari FIN, Selasa (31/8).

Apalagi, ancaman varian Delta di wilayah Jawa dan Bali belum seluruhnya selesai. Bahkan, bisa saja varian delta sudah masuk wilayah pedesaan.

“Ini kita bisa terancam varian lainnya. Bisa lebih hebat dari virus delta. Karena delta ini kan belum selesai diatasi,” imbuh Dicky

Dia menilai keputusan pemerintah yang memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) selama sepekan ke depan hingga 6 September 2021 sudah tepat.

“Strategi pemerintah ini benar. Hanya tentang komunikasinya saja. Ini yang harus ditingkatkan supaya masyarakat paham bahwa ini untuk memproteksi masyarakat dari ancaman virus,” ucapnya.

Menurutnya, vaksinasi merupakan sebuah keharusan. Hal ini menjadi salah satu kunci dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kuncinya tetap sama. Aapapun variannya, 3T, 5M dan vaksinasi itu kuncinya sampai akhir pandemi. Ini harus terus dilakukan,” urai Dicky.

Selain vaksinasi dan protokol kesehatan, strategi 3T atau pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) perlu digenjot.

Sebab, ancaman gelombang ketiga sangat berpotensi terjadi. Setidaknya September atau Oktober mendatang. (*)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: