Jangan Lengah! Ada Varian Covid-19, Yakni Mu

Jangan Lengah! Ada Varian Covid-19, Yakni Mu

JAKARTA – Masyarakat dihimbau jangan lengah meski kasus terkonfirmasi Covid-19 sudah turun. Disiplin dalam menerapkan protocol kesehatan wajib dilakukan.

Sebab, ada varian baru Covid-19 yang sudah muncul, salah satunya varian Mu.

 “Saya mengimbau semua supaya kompak disiplin. Saling mengingatkan, supaya jangan terkena gelombang ketiga,” kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Luhut di Jakarta, Senin (6/9).

Menurutnya, varian Mu kini sudah ada. Pemerintah tidak tahu apakah ke depan varian-varian lain bakal terus bermunculan. Sudah dijelaskan bahwa ada varian MU.

“Saya ingatkan kalau ini berlanjut seperti ini terus, bisa jadi timbul varian-varian lainnya. Kita tidak tahu apakah lebih dahsyat atau bagaimana,” tuturnya.

Karena itu, Luhut meminta seluruh pihak tidak mempolitisasi pandemi Covid-19 di Indonesia. “Jangan ini dipolitisasi. Ini betul-betul menyangkut keselamatan rakyat Indonesia. Keselamatan kita semua. Jadi semua harus kompak. Covid-19 ini adalah musuh bersama,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono menambahkan mutasi varian Mu pertama kali ditemukan di Kolombia.

“Sekarang sudah ada varian Mu asal Kolombia. Varian ini secara laboratorium mempunyai resensi terhadap kondisi vaksin. Karena itu, diperlukan tes laboratorium. Bulan dalam konteks epidemiologis,” jelas Dante yang dikutip dari FIN.

Dia membeberkan, penyebaran varian Mu ini tidak sehebat varian Delta. Hingga kini, belum ditemukan varian tersebut di Indonesia.

“Kita sudah melakukan genome sequencing terhadap 7 ribuan orang di seluruh Indonesia. Hingga saat ini varian Mu ini belum ditemukan,” pungkas Dante. (*)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: