KH Said Aqiel Dijagokan Lagi Maju di Muktamar NU, KH Mustofa Aqiel: Tidak Ada Aturan Baku Dua Kali

KH Said Aqiel Dijagokan Lagi Maju di Muktamar NU, KH Mustofa Aqiel: Tidak Ada Aturan Baku Dua Kali

CIREBON - KH Said Aqiel Siradj kembali dijagokan untuk menjadi kandidat ketua PBNU dalam Muktamar NU yang akan dilaksanakan di Lampung, akhir 2021.

Pengasuh Pondok Pesantren Khas Kempek, KH Mustofa Aqiel Siradj menanggapi mengenai kemungkinan KH Said Aqiel maju kembali. Sehubungan sejumlah survei menjagokan untuk kembali memimpin PBNU.

Menurut dia, di NU tidak ada aturan baku maksimal 2 kali menjabat. \"Memang ada. Tapi di NU itu, kiai lebih tinggi dari undang-undang,\" kata KH Mustofa Aqiel, saat ditemui di sela Kirab Merah Putih, kepada radarcirebon.com.

Menurut dia, meski ada aturan yang mengatur mengenai kepemimpinan, namun di NU ketika kiai bersepakat, bisa saja terjadi untuk pencalonan ketiga kalinya.

\"Kalau undang-undang begitu, kiai bersepakat lagi masih boleh saja. Aturannya ada, menjaga stabilitas organisasi,\" tuturnya.

\"Dikembalikan ke para kiai. Dan mekanisme sama seperti yang lalu,\" imbuhnya.

Dikatakan KH Mustofa Aqiel, Muktamar NU semula akan dilaksanakan 2020, namun karena pandemi diundur 2021. \"Tempat di Lampung,\" katanya.

Seperti diketahui, saat ini beberapa kandidat sudah bermunculan untuk posisi ketua umum PBNU. Diantaranya adalah KH Said Aqiel Siradj, kemudian Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya, KH Marzuki Mustamar, hingga Gus Baha. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: