Pakan Ternak Dieskpor ke Singapura

Pakan Ternak Dieskpor ke Singapura

JAKARTA – Sebanyak 40 ton pakan ternak milik PT New Hope senilai US 21,8 ribu atau Rp316 juta dieskpor ke Singapura. Ekspor ini menjadi kali pertama bagi perusahaan menembus pasar Internasional.

“Sebelumnya, pakan ternak milik PT New Hope ini masih seputar pasar dalam negeri, kini untuk pertama kalinya tembus pasar internasional,” kata Kepala Karantina Pertanian Belawan Andi Yusmanto, Jumat (15/10).

Andi menuturkan, sebelum Health Certificate (HC-red) diterbitkan, Karantina Pertanian Belawan melakukan tindakan karantina, yaitu pemeriksaan fisik dan kesesuaian dokumen administrasi.

“Hal ini dilakukan untuk memastikan komoditas pakan ternak di negara tujuan diterima. Ini merupakan eksportir pertama yang mengekspor pakan ternak dari Sumatera Utara melalui pelabuhan laut Belawan” terangnya.

Selain itu, kata Andi, pihaknya juga melakukan pendampingan kepada pelaku usaha sebelum mengekspor agar produk yang dikirim bisa diterima.

“Meskipun selama ini beberapa jenis komponen bahan baku pakan kita masih impor, namun PT New Hope berhasil meramu menjadi produk pakan unggas dengan kualitas ekspor yang memenuhi persyaratan pasar di Singapura dengan komposisi kandungan bahan lokal mencapai 70 persen,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Bambang mengapresiasi ekspor pakan ternak tersebut. Menurutnya, seluruh jajarannya memberikan pendampingan pemenuhan persyaratan teknis ekspor pertanian.

“Ke depannya, ekspor pakan ternak ini semakin meningkat permintaannya hingga negara tujuannya,” pungkasnya.(fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: