Mengatasi Penuaan Dini

Mengatasi Penuaan Dini

PENUAAN dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Penuaan akhir-akhir ini tidak terjadi seiring waktu, dimana orang dengan usia yang relatif muda sekalipun, seperti pada usia awal 20-an, sudah dapat terjadi penuaan.

Tanda penuaan yang paling mudah terlihat adalah pada bagian kulit walaupun dapat terjadi pada bagian tubuh lainnya. Penuaan ini banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terbagi menjadi dua yaitu faktor internal yang tidak dapat diubah oleh kita dan faktor eksternal yang dapat dimodifikasi oleh kita.

Faktor internal yang paling utama adalah faktor keturunan. Faktor genetik dan hormonal pada seseorang akan diturunkan kepada keturunannya dengan porsi yang berbeda-beda. Pada genetik tertentu, ada yang menyebabkan keadaan kulit nya menjadi lebih kering dan menyebabkan mudah teriritasi dan bersisik.

Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan terapi dan perawatan kulit secara intensif. Pemberian suplemen seperti vitamin dan asupan makanan yang mengandung vitamin C dan zat nutrisi lainnya dapat membantu mengurangi efek dari keadaan akibat faktor genetik tersebut.

Faktor internal kedua adalah kesehatan dan daya tahan tubuh. Seseorang yang wajahnya terlihat lebih tua dengan banyak keriput diwajahnya juga dapat disebabkan oleh daya tahan tubuh yang sedang terganggu. Daya tahan tubuh dipengaruhi oleh tekanan psikososial, budaya dan lingkungan yang dialami seseorang dan sulit untuk dihindari.

Daya tahan yang rendah menyebabkan seseorang menjadi sakit. Pencegahan pada suatu penyakit dan pengobatan secara tepat dapat mengembalikan kondisi tubuh sekaligus kekencangan kulit. Relaksasi merupakan salah satu solusi untuk mengembalikan kondisi kulit setelah mengalami sakit.

Faktor eksternal yang merupakan faktor yang dapat kita modifikasi antara lain sinar matahari, radikal bebas, dan kelembaban udara. Sinar matahari menjadi berbahaya karena adanya sinar ultra violet yang paling banyak terakumulasi pada jam 10.00–15.00 sore. Untuk mencegahnya gunakan tabir surya pada bagian tubuh yang terkena sinar matahari secara langsung.

Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen pada kulit. Untuk mencegahnya kita dapat mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin seperti buah-buahan dan sayuran serta menjalankan diet yang tinggi protein.

Kelembaban udara yang tidak stabil seperti yang dialami orang di wilayah tropis pun dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Untuk mencegahnya kita dapat menggunakan pelembab di wajah dan tubuh untuk menjaga kulit tetap lembab.

Dengan mengenal faktor-faktor yang menyebabkan penuaan dini ini, harapannya kita dapat lebih dapat mencegah daripada mengobatinya. Semoga bermanfaat. (*)

Oleh: dr Hj Irma Gamawati, MHKes (RS Sumber Kasih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: