7 Manfaat Minum Air Hangat, Ternyata Bisa Turunkan Berat sampai Meredakan Stres

7 Manfaat Minum Air Hangat, Ternyata Bisa  Turunkan Berat sampai Meredakan Stres

MANFAAT minum air hangat untuk kesehatan tubuh. Menegak segelas air hangat mampu mengatasi masalah seperti hidung tersumbat sampai pereda stres.

Namun pastikan kamu tidak minum air tersebut terlalu panas ya karena penelitian merekomendasikan suhu optimal antara 54 dan 71 °C. Suhu di atas ini dapat menyebabkan luka bakar atau melepuh.

1. Membantu menurunkan berat badan

Dilansir dari laman Halodoc dengan mengonsumsi air hangat saluran pencernaan akan terbantu. Di mana nutrisi pada .

Meneguk segelas air hangat pada pagi hari cocok bagi yang sedang menjalani diet. Sebab, minum air hangat di pagi hari membantu penurunan berat badan dengan cara merusak timbunan lemak yang ada dalam tubuh.

2. Meredakan hidung tersumbat

Secangkir air panas menghasilkan uap. Memegang secangkir air panas dan menghirup uap lembut ini dalam-dalam dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala sinus.

Karena kamu memiliki selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan, minum air panas dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

Menurut sebuah studi tahun 2008, minuman panas, seperti teh, memberikan bantuan yang cepat dan tahan lama dari pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan. Minuman panas lebih efektif daripada minuman dengan suhu kamar.

3. Dapat membantu pencernaan

Minum air membantu menjaga sistem pencernaan tetap berjalan. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih mampu membuang limbah.

4. Membantu meringankan sembelit

Dehidrasi adalah penyebab umum sembelit. Dalam banyak kasus, air minum adalah cara yang efektif untuk meredakan dan mencegah sembelit.

Tetap terhidrasi membantu melunakkan tinja dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Minum air panas secara teratur dapat membantu menjaga buang air besar kamu teratur.

5. Mengurangi menggigil kedinginan

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa respons alami tubuh dalam kondisi dingin adalah menggigil dan minum cairan hangat dapat membantu mengurangi menggigil tersebut.

6. Dapat menurunkan tingkat stres

Karena minum air panas membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, kamu mungkin merasa kurang cemas jika meminumnya. Menurut sebuah studi tahun 2014, kurang minum mengakibatkan perasaan tenang, puas, dan emosi positif berkutang.

7. Meredakan nyeri menstruasi

Minum air mempunyai manfaat untuk otot yang sedang kram. Hal ini juga berlaku untuk meredakan nyeri haid akibat kembung karena dapat dapat mencegah tubuh untuk menahan cairan dalam tubuh.
(len/net)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: