Bumi Makin Panas, Inilah Daftar Negara yang Hasilkan Emisi Karbon, Indonesia Peringkat Berapa?

Bumi Makin Panas, Inilah Daftar Negara yang Hasilkan Emisi Karbon, Indonesia Peringkat Berapa?

JAKARTA – Salah satu penyebab perubahan iklim adalah pemanasan global. Bumi yang kian hari kian hangat itu tidaklah datang secara alami. Namun, ada penyebabnya juga, yakni produksi emisi karbon yang dihasilkan dari aktivitas manusia.

Emisi karbon ini kemudian menghasilkan Gas rumah kaca. “Panas Bumi terperangkap oleh gas rumah kaca dan menyebabkan suhu Bumi semakin panas. Layaknya selimut, gas rumah kaca membuat Bumi semakin hangat,” demikian laporan NASA.

Indonesia masuk dalam sepuluh negara yang menyumbang emisi gas rumah kaca terbesar di dunia. RI menyumbang 2,03 persen emisi gas yang mengotori udara dunia.

Sektor terbesar penghasil emisi gas rumah kaca di negara ini adalah listrik, kemudian disusul agrikultur dan transportasi.

Saat ini, para pemimpin dunia akan berkumpul di Glasgow pada 1 November mendatang dalam KTT PBB terkait perubahan iklim (COP26) guna membahas progres negara-negara dalam menangani masalah perubahan iklim.

Berikut beberapa negara yang menjadi penyetor emisi gas rumah kaca terbesar di Bumi, dikutip dari data World Resources Institute (WRI):

Cina

China menjadi negara dengan predikat pertama yang menyumbang emisi gas rumah kaca dunia. Negara yang dipimpin oleh Xi Jinping ini menyumbang 26,1 persen emisi gas rumah kaca yang kini berada di atmosfer Bumi.

Sektor terbesar yang menghasilkan emisi gas rumah kaca di China adalah listrik dan sektor perindustrian.

Amerika Serikat


Amerika Serikat berada di peringkat kedua negara penghasil emisi gas rumah kaca terbesar Bumi.

Negara ini menyumbang 12,67 persen gas rumah kaca. Sektor penyumbang gas rumah kaca terbesar di AS ialah listrik dan transportasi.

Uni Eropa

Uni Eropa menduduki peringkat ketiga negara pelepas emisi gas rumah kaca terbesar di dunia.

Uni Eropa menyumbang 7, 52 persen emisi gas rumah kaca global. Seperti AS, listrik dan transportasi menjadi sektor terbesar yang menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: