TKIT NSQ Jaga Hafalan dengan Murajaah

TKIT NSQ Jaga Hafalan dengan Murajaah

CIREBON - Kemampuan membaca Alquran yang baik dan benar merupakan keterampilan penting bagi seorang muslim. Memiliki kemampuan tersebut, jadi sebuah kebanggan. Tidak saja bagi para peserta didik, tapi juga bagi orang tua.

Dengan visi mewujudkan generasi pecinta Alquran, Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Nuuruusshiddiiq (TKIT NSQ) memiliki program unggulan hafalan Alquran. Program kegiatan belajar mengajar pun dititik beratkan pada kecintaan anak terhadap Alquran (hafalan Alquran).

Kepala TKIT NSQ, Nati Susilawati SPd mengatakan, pendidikan mencintai Alquran sedini mungkin pada anak-anak adalah sangat penting sebagai bekal bagi kehidupan mereka nantinya. Dimulai dengan senang membacanya, senang menghafalnya dan mengulangnya, senang untuk memahami ayat-ayat-Nya, hingga senang untuk mengamalkannya.

TKIT NSQ sendiri kini menerapkan metode qiroati dalam pengajaran baca Alquran untuk para anak didiknya. Metode qiroati merupakan salah satu metode praktis dan sederhana untuk memudahkan bagi siapa saja dalam mempelajari baca Alquran. Dengan metode ini, dibiasakan untuk mempraktikkan bacaan Alquran dengan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Tartil meliputi makhroj dan sifat huruf sebaik mungkin.

“Penggunaan metode qiroati di sini terbilang masih baru. Tapi alhamdulillah, walaupun baru berjalan tiga bulan, tapi peserta didik kita ada yang menjadi juara dalam lomba tahfidz metode qiraoti tingkat Korda 1,” ungkapnya.

Nati menuturkan, dalam penerapan metode qiroati, siswa memperbanyak kegiatan murajaah dan setoran hafalan. Siswa juga terus diberikan pengetahuan bagaimana membaca Alquran dengan baik dan benar.

“Karena, kita full day school, banyak waktu yang kita manfaatkan untuk murajaah dan setoran hafalan. Kita juga berharap penerapan metode ini juga bisa dilakukan di rumah bersama dengan orang tuanya. Supaya hafalan anak anak semakin baik,” tandasnya. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: