Breaking News: Jenderal Andika Perkasa Ditunjuk Jokowi, Calon Tunggal Panglima TNI

Breaking News: Jenderal Andika Perkasa Ditunjuk Jokowi, Calon Tunggal Panglima TNI

JAKARTA - Jenderal Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI yang diajukan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) ke DPR.

Hal itu sesuai dengan surat presiden (suspres) yang berisi nama calon Panglima TNI yang diserahkan Mensesneg, Pratikno, Rabu (3/11/2021).

Surat itu, diberikan kepada Pimpinan DPR RI. Yang nantinya akan melaksanakan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan.

Seperti diketahui, sebelum munculnya suspres itu, sempat beredar dua nama yang disebut menjadi calon penerus Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Kendati demikian, dalam jumpa pers, Ketua DPR RI, Puan Maharani mengungkapkan, hanya ada satu nama yang diajukan presiden yakni Jenderal Andika Perkasa.

Puan menyatakan, Komisi I DPR RI akan melakukan pembahasan termasuk pelaksanaan fit and proper test.

Hasil dari uji kelayakan dan kepatutan itu, nantinya akan dilaporkan melalui rapat paripurna.

Setelah itu, DPR akan membuat keputusan apakah menyetujui atau menolak calon yang diajukan presiden.

\"Tentu saja persetujuan DPR RI terhadap calon panglima TNI yang diusulkan presiden disampaikan kepada Presiden paling lambat 20 hari tidak termasuk masa reses dan terhitung sejak permohonan,\" ucapnya.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto segera memasuki masa pensiun dari dunia kemiliteran pada November 2021, setelah berusia 58 tahun pada 8 November 2021. (yud/cnn)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: