Kenali 5 Tanda Kanker Prostat Sebelum Terlambat

Kenali 5 Tanda Kanker Prostat Sebelum Terlambat

PENYAKIT kanker prostat ini masih mungkin disembuhkan bila terdeteksi lebih dini. Sehingga, penderita bisa mendapat pengobatan kanker prostat lebih cepat. 

Jika kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain maka kanker sulit disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan biasanya untuk memperpanjang hidup dan menghilangkan gejala saja. 

Lantas apa saja tanda-tanda seseorang mengalami kanker prostat? Tanda-tanda ini perlu Anda ketahui agar tingkat kesembuhan menjadi lebih tinggi. Berikut 10 tanda kanker prostat dikutip dari berbagai sumber:

1. Masalah buang air kecil

Dilansir dari American Cancer Society, biasanya penyakit kanker prostat bisa terdeteksi dini melalui screening kesehatan. Namun, Anda harus curiga mengidap kanker prostat jika anda mengalami masalah saat buang air kecil. 

Masalah seperti sulit buang air kecil, aliran urine yang lambat atau lemah, rasa panas atau sakit saat buang air, maupun kebutuhan buang air kecil lebih sering terutama di malam hari. Bahkan, kanker prostat dapat menyebabkan darah di dalam urine.

2. Kesulitan ereksi

Tanda lainnya yang perlu diwaspadai ialah kesulitan ereksi atau disfungsi ereksi. Jika Anda merasa kesulitan ereksi atau bahkan hasrat untuk melakukan hubungan seksual berkurang, maka ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Bisa saja itu menjadi salah satu tanda awal Anda terkena kanker prostat. 

3. Rasa sakit saat klimaks

Salah satu tanda penyakit prostat yang mudah diketahui, yakni rasa sakit atau nyeri pada alat kelamin saat mencapai klimaks. Apabila Anda mengalami rasa sakit selama klimaks, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter.

4. Nyeri di area pinggul hingga panggul bawah

Nyeri pada area pinggul dan panggul bagian bawah juga bisa menjadi salah satu tanda seseorang mengidap kanker prostat stadium lanjut. Jika nyeri terjadi secara tiba-tiba dan sangat menganggu, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter. 

5. Kaki melemah

Anda merasa kesulitan berjalan atau menaiki tangga karena nyeri atau terasa lemah? Ini bisa menjadi tanda terkena kanker prostat stadium lanjut.

Kelemahan atau mati rasa di kaki bisa terjadi karena kanker yang menekan sumsum tulang belakang. Selain itu, terasa pembengkakan tubuh di bagian bawah juga menjadi salah satu tanda kanker menyebar. Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter agar segera diberi pengobatan.(len/Net)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: