Berikut Tips Mendapatkan Produk Elektronik Berkualitas dengan Harga yang Pas

Berikut Tips Mendapatkan Produk Elektronik Berkualitas dengan Harga yang Pas

CIREBON - Kegiatan tawar menawar harga merupakan hal yang biasa ditemukan sehari-hari saat proses jual-beli, tidak terkecuali ketika kita membeli produk elektronik di toko tradisional ataupun semi modern.

Adapun negosiasi yang dimaksud bukan berdebat atau bertengkar dengan penjual, namun untuk memastikan kita dapat memperoleh suatu produk dengan harga yang wajar.

Owner A.I.O Store, Hendry Hermawan mengatakan, konsumen harus mengetahui terlebih dahulu tips ketika menawar produk elektronik,

\"Pertama, perbandingan harga sebelum membeli barang. Konsumen terlebih dahulu harus cari info harga barang yang sama di beberapa toko yang berbeda. Hal tersebut dilakukan untuk membandingkan harga. Sehingga saat menawar anda sudah punya patokan harga,\" katanya.

\"Kedua, jadilah pelanggan tetap. Karena kita adalah pelanggan setia yang membangun hubungan baik, penjual akan memberikan produk yang sesuai dengan harga yang pantas, karena biasanya penjual tahu kita akan datang lagi,\" imbuhnya.

Kemudian tips berikutnya, lanjut Hendry, rekomendasikan kepada banyak orang jika bisa mengenalkan banyak pelanggan pada penjual.

\"Hal ini akan membantu penjual untuk percaya bahwa kita bisa membantu meningkatkan keuntungan penjual, sehingga mereka (penjual) akan memberi harga terbaik sesuai dengan orang-orang yang anda perkenalkan,\" lanjutnya.

Tips selanjutnya, adalah menawar dengan rasional. Meski tergoda untuk menawar harga dengan sangat rendah, Namun sebaiknya kita memberi penawaran harga yang mendekati harapan.

Menurunkan harga terlalu rendah bisa membuat penjual tersinggung dan langsung kehilangan rasa respek terhadap anda.

\"Bisa jadi, mereka malah tidak bersedia lagi menurunkan harga, bahkan memutus komunikasi dengan kita,\" ujarnya.

Selain menawar harga, menurut Hendry, sebenarnya kita juga dapat meminta souvenir atau bonus lainnya dari penjual.

Sementara itu, Sinta (33) asal Kampung Kebon Pelok, Kota Cirebon mengaku memperoleh harga terbaik dengan bonus tambahan setelah bernegoisasi di AIO Store Cirebon.

\"Tadi saya buktikan nawar sama salah satu sales di AIO Store Cirebon, walaupun tempat nya terkesan mewah tapi ternyata harganya murah dan masih bisa ditawar juga. Saya berhasil membawa TV 32\" seharga 2,1 juta dengan Gratis STB (Set Top Box) senilai 200rb,\" ucapnya.

Menurut Sinta, naluri sebagai konsumen adalah mencari toko yang menjual produk berkualitas dengan harga yang ramah di kantong serta bisa ditawar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: