Inilah Pesan Ulama, Politisi dan Pengusaha di Hari Pahlawan

Inilah Pesan Ulama, Politisi dan Pengusaha di Hari Pahlawan

Lebih lanjut, rumusan  5 sila dalam Pancasila, kata dia, merupakan fatwa dari KH Hasyim Asyari dan pada saat itu juga menghilangkan berdebatan.

\"Pertimbangan tersebut karena dalamnya pemikiran dan politik KH Hasyim Asy\'ari. Karena kemerdekaan Indonesia didasari oleh keberagaman,\" paparnya.

Kalau tidak ada sosok KH Hasyim dan Bung Tomo, lanjut Mahfuz, entah bagaimana nasib kemerdekaan Indonesia ini.

Kejernihan KH Hasyim dan keberanian Bung Tomo sangat luar biasa. Sehingga, kata dia, ini tidak boleh hilang dan lenyap oleh para generasi saat ini, khususnya generasi muda atau millenial/generasi Z.

\"Kita saat ini sangat mengharapkan peran ulama ditengah situasi dan kondisi saat ini. Kita butuh pandangan ulama untuk arah bangsa ini kedepan. Jangan hanya didominasi oleh para politisi semata dalam perumusan kebijakan negeri ini, melainkan harus hadir peran ulama. Dengan karakternya yang khas,\" paparnya.

Sementara itu, pengusaha muda Sally Geovani mengatakan, momentum Hari Pahlawan harus dimaknai utuh diantaranya mendalami perspektif pahlawan yakni harus menjaga nilai-nilai perjuangan dan kepahlawanan. \"Pahlawan itu rela berkorban, berani, tegas, pantang menyerah, bertanggung jawab,\" katanya.

Dalam kesempatan itu, dia menceritakan pengalamannya menjadi seorang wirausaha sejak duduk di bangku SMA, yang diawali dengan menjual kain kafan, karena saat itu belum punya pengalaman dan ilmu bisnis.

Namun, dengan tekad dan niat yang kuat,  segala proses dia lalui dengan semangat dan pantang menyerah, hingga akhirnya dia berani untuk menekuni bisnis batik. Awalnya gagal dan tidak laku dipasaran, namun terus berusaha lewat ujian dan kegagalan yang ada.

\"Jangan cepat menyerah dan mengeluh. Jatuh dan gagal, bangun lagi serta terus berusaha. Karena kegagalan adalah pelajaran untuk sukses masa depan,\" paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, peserta sangat antusias dengan berragam pertanyaan kepada para pemateri. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: