Ini 7 Keuntungan Jadi Jomblo dari Pandangan Psikologis

Ini 7 Keuntungan Jadi Jomblo dari Pandangan Psikologis

PADAHAL enggak ada salahnya lho menjadi jomblo. Berdasarkan sejumlah penelitian, status tanpa kekasih ini sebetulnya memiliki keuntungan psikologis. Lantas apa saja sih keuntungan jadi jomlo? Berikut selengkapnya dilansir dari berbagai sumber: 

1. Lebih sehat

Sebuah studi dalam Psychology Today menemukan bahwa, orang jomlo lebih sehat daripada orang yang mempunyai hubungan asmara. Sebab, orang jomblo mempunyai waktu lebih banyak untuk berlatih fisik. Hal ini membuat para jomlo memiliki lebih besar kemungkinan mendapatkan tubuh ideal dan sehat. 

2. Lebih banyak teman

Sebuah studi menyebut para jomblo dapat lebih baik menjaga hubungan pertemanan dan keluarga, dibandingkkan mereka yang memiliki pasangan. Hal ini karena orang yang jomlo tidak memiliki tanggung jawab lebih terhadap pasangan. Sehingga ia dapat fokus menjaga hubungan dengan teman maupun keluarga. 

Para peneliti juga mempelajari bahwa, orang yang telah menikah cenderung kurang terhubung dengan teman atau keluarga dibanding mereka yang jomblo. Alasannya, orang yang telah menikah cenderung lebih fokus pada keluarga kecil yang sedang ia bangun. 

3. Lebih bebas

Para jomblo bisa lebih bebas melakukan berbagai kegiatan dibanding mereka yang punya pasangan. Misalnya, berlibur ke luar negeri, pergi ke acara konser, atau sekadar pergi bersama teman lawan jenis. Alhasil, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kebahagiaan atau bahkan pengalaman baru bagi para jomlo

4. Emosi lebih terjaga

Setiap hubungan akan ada konflik atau masalah yang harus dihadapi. Masalah dalam hubungan itu dapat membuat emosi seseorang menjadi fluktuatif dibandingkan mereka yang jomblo. 

5. Mengenal diri lebih baik

Orang jomblo memiliki banyak waktu untuk mengenal diri sendiri secara lebih baik. Sebab, mereka akan paham makanan jenis apa yang paling disukai, selera humor, sampai prinsip hidup yang ingin dijalani

6. Lebih mandiri

Biasanya para jomblo lebih mandiri ketimbang mereka yang tidak. Hal ini karena mereka terbiasa tidak bergantung pada seseorang atau pasangan. Sehingga, mereka cenderung tumbuh menjadi seseorang yang lebih mandiri dan kuat menjalani segala masalah dalap hidup. 

7. Tak pusing dengan keuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: