Mengenal Palpitasi

Mengenal Palpitasi

JANTUNG akan berdetak setiap saat selama kita hidup. Jantung berdebar atau palpitasi adalah kondisi dimana seseorang merasakan kerja jantung yang kuat, cepat, atau tidak teratur. Jantung orang dewasa pada umumnya berdetak 60-100 kali per menit dengan irama yang teratur.

Meski begitu, ada banyak hal yang dapat menyebabkan jantung berdebar tiba-tiba dan iramanya tidak menentu. Secara umum penyebab palpitasi ada dua, bersumber dari jantung (seperti kelainan irama jantung atau kelainan struktur jantung) atau non-jantung (seperti penyakit psikiatri, obat-obatan, anemia, penyakit tiroid, dsb).

Penyebab utama dan tersering biasanya berasal dari gangguan jantung namun beberapa penyakit atau kondisi tertentu, seperti kelebihan hormon tiroid, anemia, kurang gula darah (hipoglikemia), demam, kekurangan cairan (dehidrasi), tekanan darah rendah, perubahan hormon, terutama pada saat menstruasi, kehamilan dan sebelum menopause pun merupakan sumber penyebab lain terjadinya palpitasi. 

Untuk mencegah terjadinya palpitasinya sebaiknya kita rutin berolahraga, menghentikan konsumsi kafein, alkohol dan rokok. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan harian dengan minum air sebanyak 8 gelas atau 2 liter setiap harinya. dan mengurangi stress. Semoga bermanfaat. (*)

OLEH: Dr Rizka Utami (RS SUMBER KASIH)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: