Tingkatkan Keterampilan Pertolongan Pertama, Anggota Ormas dan Komunitas Ikuti Pelatihan Ini

Tingkatkan Keterampilan Pertolongan Pertama, Anggota Ormas dan Komunitas Ikuti Pelatihan Ini

CIREBON - Guna meningkatkan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama terhadap penyakit mendadak dan kecelakaan, puluhan anggota ormas dan komunitas di Kota Cirebon mengikuti sosialisasi dan pelatihan mandiri ke-emergency-an atau cepat tanggap penanggulangan P3K.

Pelatihan tersebut digelar oleh Forum Peduli Lingkungan Hidup dan Budaya (FPLHB) bekerjasama dengan PSC 119 Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Laskar Agung Macan Ali dan Yayasan Kasih Generasi Bangsa Indonesia di Sekretariat Yayasan Kasih Generasi Bangsa Indonesia Jalan Pekiringan No 159, Kota Cirebon, Kamis (18/11/2021).

Pantauan radarcirebon.com, para peserta pelatihan dengan serius mengikuti kegiatan tersebut dan antusias melakukan praktek pertolongan pertama yang dibimbin langsung oleh Tim medis PSC 119.

\"Pelatihan ini diselenggarakan sebagai wujud partisipasi FPLHB Cirebon dalam mengedukasi masyarakat terkait Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). Edukasi P3K penting dilakukan terutama bagi teman-teman jika menemukan warga yang membutuhkan tindakan pertolongan pertama di jalan raya,\" ungkap Dani Djaelani selaku Ketua Forum Peduli Lingkungan Hidup dan Budaya (FPLHB) Cirebon kepada radarcirebon.com, Kamis (18/11/2021).

Menurut pria yang juga menjabat sebaga ketua FKPPI Kota Cirebon ini, pertolongan pertama pada kecelakaan merupakan tindakan darurat yang harus dilakukan oleh seseorang untuk membantu korban kecelakaan sampai menunggu petugas medis datang.

\"Pertolongan pertama pada kecelakaan ini bertujuan untuk membantu korban agar tidak mengalami pendarahan dan luka yang lebih parah ketika menunggu tenaga medis terdekat datang untuk mengobati,\" ujarnya.

Masih kata Dani, sebagian kecil masyakat abai apabila melihat kejadian kecelakaan di jalan raya.

\"Karena masyarakat tidak mau repot atau ambil pusing menyita waktu, serta enggan dijadikan saksi, dan sebagainya,\" katanya. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: