Agar Ibu dan Bayi Selamat Saat Melahirkan, Perhatian Hal-hal Berikut Ini

Agar Ibu dan Bayi Selamat Saat Melahirkan, Perhatian Hal-hal Berikut Ini

CIREBON – Pendarahan, baik saat kehamilan maupun pasca melahirkan, merupakan diantara faktor yang menyebabkan kematian ibu melahirkan.

Hal tersebut diungkapkan dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr Amelia Suganda saat memberikan materi seminar kehamilan, persalinan dan 1000 hari pertama kehidupan di salah satu hotel Jl DR Cipto Mangunkusumo, Sabtu (20/11/2021).

\"Selain itu, bisa juga karena tensi ibunya tinggi. Bahkan, kejang itu juga bisa menyebabkan kematian pada ibu melahirkan,” ungkapnya.

Dokter Amelia menjelaskan, 1000 hari pertama kehidupan merupakan proses yang paling penting dalam kehidupan sebagai manusia.

\"Disebut juga periode emas, dimulai sejak masa kandungan (hamil) hingga usia dua tahun. Dalam rentang waktu tersebut yang paling penting adalah nutrisi mulai dari ibu hamil sampai anak berusia 2 tahun,” jelasnya.

Disebutkan dr Amelia, cukup beragam untuk mencegah permasalahan (Problem) kehamilan.

\"Perlu dilakukan skrining dan pemantauan bidan agar dapat mengantisipasi problem-problem saat hamil dan bagaimana cara mengatasinya. Problemnya dari mulai darah tinggi, faktor resiko pendarahan saat melahirkan, itu bisa dicegah ketika dilakukan skrining sebelumnya,” sebutnya.

Sementara itu, dokter spesialis anak dr Hj Betty Bursyah memaparkan, untuk mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati, orang tua harus memperhatikan empat hal.

\"Yakni Nutrisi yang seimbang, pencegahan infeksi dan imunisasi, stimulasi anak serta menjaga kebersihan dan hidup sehat,” paparnya.

Menurut dr Hj. Betty Bursyah, hitungan 1000 hari pertama kehidupan itu dimulai dari 270 hari selama pembuahan sampai bayi lahir dan 730 hari setelah dilahirkan.

“Waktu itu sangat penting, bukan hanya setelah lahir saja, tapi mulai hamil sampai dua tahun setelah dilahirkan itu merupakan periode emas. Usia tersebut jangan disia-siakan dan harus dilakukan deteksi dini, kemudian dilakukan stimulasi dan pemberian nutrisi yang seimbang yang tadi sebutkan tadi,\" ucapnya.

Perlu diketahui, kegiatan seminar yang digelar RS Sumber Kasih tersebut diikuti oleh masyarakat umum yang berasal dari berbagai daerah di Kota dan Kabupaten Cirebon, dengan menghadirkan dua narasumber yakni dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr Amelia Suganda dan dokter Spesialis Anak dr Hj Betty Bursyah. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: