Waspada, 1 Kasus Omicron Bisa Menularkan hingga ke 40 Orang

Waspada, 1 Kasus Omicron Bisa Menularkan hingga ke 40 Orang

VARIAN baru covid-19 yang diberi nama Omicron adalah varian kelima yang menjadi variant of concern yang telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Varian ini diprediksi memiliki tingkat penularan yang jauh jauh lebih cepat dibanding varian lainnya.

Kepala Bidang Pengembangan Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI), Masdalina Pane, menjelaskan beberapa hal yang diprediksi menyebabkan varian Omicron ini harus diwaspadai masyarakat Indonesia.

1. Angka reproduksi yang tinggi

Varian covid-19 yang muncul di awal pandemi memiliki angka reproduksi dua sampai empat. Selanjutnya, varian Delta memiliki angka reproduksi enam sampai delapan. Nah, untuk varian Omicron disebut memiliki angka reporduksi antara 10 sampai 40. 

\"Artinya, satu kasus dapat menularkan kepada 10 hingga 40 orang lainnya,\" kata Masdalina, Senin, 29 November 2021.

Menurutnya, untuk tingkat keparahan, kinerja vaksin, tes diagnosis, hingga efektivitas pengobatan, saat ini masih dalam penelitian WHO.

Menurut Masdalina, dalam dua sampai tiga minggu ke depan, sudah didapatkan hasil. Apakah Omicron memiliki virulensi yang lebih tinggi dari varian Delta? Dan apakah mempengaruhi kinerja vaksin?

2. Gejala awal ringan, tetapi bisa ganas

Laporan dari Afrika Selatan menunjukkan bahwa penderita yang terinfeksi varian Omicron memiliki gejala lebih ringan dari varian sebelumnya. Menurut Masdalina, hal ini dikarenakan masih terjadi pada kelompok usia muda dan sudah divaksin. 

\"Tetapi, kalau sudah semakin banyak yang terinfeksi, maka akan menimbulkan gejala yang sama beratnya dengan varian sebelumnya. Namun, ini masih dalam penelitian,\" ujar dia.(net)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: