Mengatasi Jerawat Ternyata itu Bukan Cuma Mitos Lho? Ini Faktanya…

Mengatasi Jerawat Ternyata itu Bukan Cuma Mitos Lho? Ini Faktanya…

KAMU pernah mendengar berbagai nasihat seperti membatasi asupan cokelat, jangan makan keripik kentang terlalu banyak, atau sering-seringlah mencuci muka untuk mengatasi jerawat.

Ya, sejumlah nasihat tersebut ternyata sudah bisa dipastikan tentang kebenarannya lho. Seperti makan cokelat dan kentang memang tidak disarankan untuk kamu yang sedang jerawatan. Karena kandungan dalam kedua makanan tersebut dapat membuat kondisi kulit berjerawat semakin parah dan banyak berdasarkan penelitian dari jurnal Cytokine, Melansir dari HealthShots berikut faktanya!

1. Mitos: Sering cuci muka supaya enggak jerawatan

Seorang Dermatologist, Dr Jaishree Sharad mengatakan tidak seperti yang kebanyakan orang pikirkan, kulit kotor bukan satu-satunya penyebab jerawat. Sehingga, mereka pun rajin mencuci muka sesering mungkin untuk menghindari jerawat. Faktanya, terlalu sering mencuci dan menggosok wajah dapat mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat.

2. Mitos: Rasa kesemutan berarti produk bekerja

Menurut Dr Sharad, anggapan ini tidak selalu benar. Faktanya, sensasi kesemutan yang singkat memang tidak apa-apa, namun rasa kesemutan yang berkepanjangan adalah cara kulitmu memberi tahu  bahwa sedang teriritasi. Hindari produk dengan bahan-bahan yang dapat membuat kulit menjadi sensitif seperti mentol, peppermint, eucalyptus, lemon, dan alkohol.

3. Mitos: Gunakan scrub untuk menghilangkan jerawat

Ini sama sekali tidak benar! Dr Sharad mengatakan lulur yang keras pada kulit dapat memengaruhi permukaannya yang tampak sehat dan melemahkan kemampuannya untuk melawan jerawat. Kekerasannya berpotensi meningkatkan produksi minyak, tentu itu bukan yang kamu inginkan. 

4. Mitos: Pengobatan spot

Meskipun eksfolian asam salisilat (BHA) atau produk benzoil peroksida dapat membantu mengatasi kemerahan, pembengkakan, dan akibat dari jerawat yang ada, tetapi itu tidak akan membantu dengan jerawat yang baru saja muncul. (len/net)

https://youtu.be/t88k1buKUHQ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: