Pemprov Jabar Salurkan Bantuan 2 Miliar Untuk Korban Erupsi Semeru

Pemprov Jabar Salurkan Bantuan 2 Miliar Untuk Korban Erupsi Semeru

MASYARAKAT Jabar melalui Pemprov menyalurkan bantuan kemanusian dengan total Rp2 miliar bagi korban yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim). Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, masyarakat Jabar menitipkan bantuannya kepada Pemprov untuk disalurkan secepat-cepatnya ke korban erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang.

\"Alhamdulillah sekitar Rp2 miliar untuk dikirimkan, dan sudah dikirimkan barusan,\" kata Emil, sapaan karibnya, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu malam (8/12).

Emil mengungkapkan, sekitar Rp900 juta telah dibelanjakan berupa barang-barang yang mendesak agar korban terdampak tidak kesulitan lagi mencari kebutuhan. Sedangkan, Rp1 miliar sisanya akan diserahkan dalam bentuk uang tetapi dalam penyalurannya dikerjasamakan Laziz Muhammadiyah.

\"Kami belanjakan di sini. Makanya hadir Ketum PP Muhammadiyah yang kebetulan malam ini sedang ada kegiatan di Kota Bandung. Jadi ini kebetulan yang Allah takdirkan,\" ungkapnya.

\"Kemudian, tadi Bupati Lumajang menyampaikan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan. Dari pengalaman kami dalam menangani kebencaan itu dua tahap. Pertama tahap tanggap darurat lalu rekonstruksi. Nah, semua kita akan bersamai dalam mendukung pemulihan,\" lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq melalui sambungan virtual menyampaikan, bencana erupsi Gunung Semeru sungguh berdampak berat bagi pihaknya terutama masyarakat terdampak langsung. 

\"Ada rumah yang roboh, rumah yang tertimbun awan panas, banyak harta benda yang sudah tidak mungkin diambil kembali. Sawah yang sebelumnya bisa ditanami, sekarang tertimbun guguran awan panas,\" kata Thoriqul.

Bahkan, imbuh Thoriqul, banyak masyarakat yang kehilangan sanak saudara karena guguran awan panas tersebut tidak seperti rutinitas Gunung Semeru. Padahal, guguran lahar Gunung Semeru biasanya menjadi bagian dari masyarakat.

Atas bantuan yang diberikan, Thoriqul menyampaikan terima kasih atas nama masyarakat Kabupaten Lumajang karena pihaknya senantiasa diperhatikan dan dicintai.

\"Ini rasa penghormatan yang mendalam untuk kami supaya bisa menuntaskan dan menyelesaikan darurat kebencaan di Kabupaten Lumajang. Sehingga, masyarakat Lumajang kembali pulih dalam berkehidupan sebagaimana waktu sedia kala,\" ucapnya.

\"Ini tidak akan kami lupakan, kasih sayang Bapak Gubernur Jabar kepada rakyat Kabupaten Lumajang,\" sambungnya.

Untuk diketahui, saat pelepasan bantuan dan relawan Jabar untuk misi kemanusian Gunung Semeru juga dihadiri Kepala BPBD Jabar, Dani Ramdan; Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir; Ketum Aisyah, Siti Noordjannah Djohantini; Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi; Direktur Kepatuhan Bank BJB, Cecep Trisna; Ketua Jabar Quick Response (JQR), Bambang Trenggono; Ketua Wanadri, Rafi Respati; serta sejumlah relawan dan donatur. (rmol)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: