346 Rumah Rusak, 770 Warga Mengungsi Akibat Gempa 7,4 Magnitudo di Laut Flores Timur

346 Rumah Rusak, 770 Warga Mengungsi Akibat Gempa 7,4 Magnitudo di Laut Flores Timur

FLORES - Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo yang berpusat di Laut Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebabkan ratusan rumah rusak dan warga mengungsi.

Kerusakan bangunan paling banyak terjadi di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Terdapat sedikitnya 346 bangunan rumah rusak, dengan 134 yang rusak berat dan sisanya kerusakan ringan.

Tidak hanya itu, gempa bumi juga menyebabkan 3 bangunan sekolah, 2 rumah ibadah, 1 rumah dinas kepala desa dan 1 pelabuhan mengalami kerusakan.

Sementara di Kabupaten Sikka, NTT, sedikitnya 770 warga dilaporkan mengungsi akibat guncangan gempa, yang sempat memicu peringatan dini tsunami tersebut.

Kendati demikian, BNPB belum menerima laporan adanya korban jiwa akibat kejadian itu. Hanya saja, terdapat 7 orang terluka baik di Selayar, hingga Manggarai.

Seperti diketahui, gempa Flores Timur berdampak kepada 9 daerah di NTT, 3 Sulawesi Selatan dan 6 Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, BMKG melaporkan, sampai Selasa (14/12) malam, tercatat 120 kali gempa susulan (aftershock) dengan kekuatan lebih dari 5,0 magnitudo.

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengimbau, warga yang mengalami kerusakan rumah agar tidak menempati kediamannya sementara waktu.

Diimbau agar menempati lokasi pengungsian sementara atau mengungsi ke rumah kerabat.

Terutama pada rumah yang mengalami kerusakan struktur, seperti dinding retak, plagon atap bergeser hingga kerusakan tiang. (yud/antara/jpnn)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: