11 Orang Tewas, Kapal Ditumpangi Imigran Indonesia Tenggelam di Malaysia

11 Orang Tewas, Kapal Ditumpangi Imigran Indonesia Tenggelam di Malaysia

KAPAL motor yang ditumpangi 60 imigran Indonesia tenggelam di perairan wilayah selatan Johor, Malaysia pada Rabu (15/12/2021). Dari peristiwa tersebut, 11 orang tewas dan 27 orang lainnya masih hilang. “Kapal motor yang tenggelam di tengah badai tersebut merupakan kapal migran ilegal.

Mereka biasa memasuki Malaysia melalui jalur laut ke Johor, Malaysia,” demikian keterangan otoritas Malaysia dikutip AFP, Kamis (16/12/2021).

Kepala Penjaga Pantai, Laksamana Mohamad Zubil Mat Som menambahkan, dari laporan tentara yang berpatroli menemukan tujuh mayat pria dan empat mayat wanita di pantai.

“Kami sangat menyayangkan tragedi mematikan ini,” ujar Zubil.

“Saya mengimbau migran untuk tidak memasuki Malaysia secara ilegal,” sambungnya.

“Sebanyak 20 pria dan dua perempuan ditemukan hidup dan kini ditahan,” tambahnya.

Mengutip Reuters, orang yang selamat ditemukan di pantai di Tanjung Balau, Malaysia. Sedangkan warga lain yang hilang dipercaya sedang bersembunyi atau tenggelam. Otoritas juga mengerahkan kapal dan pesawat untuk mencari mereka.

Beberapa warga RI yang mencari kerja biasanya mencoba memasuki Malaysia secara ilegal menggunakan perahu yang hampir hancur dan kecelakaan seringkali terjadi.

Malaysia merupakan tempat jutaan migran dari berbagai wilayah miskin di Asia. Banyak dari mereka yang tak terekam dalam dokumen atau ilegal. Beberapa dari mereka bekerja di bidang konstruksi dan agrikultur. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: