Presiden Jokowi: 3 Tugas untuk Tito Karnavian

Presiden Jokowi: 3 Tugas untuk Tito Karnavian

SEJUMLAH kunjungan ke daerah dilakukan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam menjalankan arahan dari Presiden Joko Widodo. Pada Selasa lalu (14/12), Tito berkunjung ke Banda Aceh. Di Banda Aceh Convention Hall, dia meninjau pelaksanaan program vaksinasi massal.

Hal serupa juga dilakukannya saat berkunjung ke Sulawesi Tenggara beberapa hari sebelumnya. Mantan Kapolri itu datang untuk mempercepat vaksinasi Covid-19.

Tito Karnavian mengurai bahwa dirinya mendapat 3 tugas khusus dari Presiden Jokowi dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pertama adalah berkordinasi dengan daerah agar tidak lengah menerapkan prokes di libur Nataru.

“Artinya agar semua pemda memiliki frekuensi yang sama,\" ujar Tito dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/12).

Kesepahaman yang sama dibutuhkan lantaran Covid-19, khususnya varian Omicron masih mengancam. Kata Tito, walau PPKM level 3 tidak diberlakukan karena kondisi yang berbeda antar daerah, pengetatan prokes tanpa penyekatan tetap perlu diterapkan untuk sikap waspada seluruh pemerintah daerah (Pemda) dan masyarakat.

Adapun tugas kedua yang diberikan Presiden Joko Widodo adalah mempercepat vaksinasi.

\"Kita genjot vaksinasi di daerah agar semua daerah benar-benar sudah tervaksinasi di atas 70 persen di akhir tahun, minimal 1 dosis,\" kata Tito.

Sementara tugas ketiga adalah memastikan ekonomi tumbuh dengan mendorong Pemda merealisasikan APBD.

\"Kita dorong realisasi APBD untuk pemulihan ekonomi di daerah dan pencapaian target pertumbuhan ekonomi.

\"Sesuai pesan Bapak Presiden, agar gubernur, bupati dan wali kota supaya menyeimbangkan betul-betul gas dan rem sehingga kita bisa mempertahankan momentum untuk ekonomi tumbuh positif,\" pungkasnya. (rmol)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: