Alun-Alun Kota Bogor Diresmikan, Ridwan Kamil: Semoga Warga Bahagia

Alun-Alun Kota Bogor Diresmikan, Ridwan Kamil: Semoga Warga Bahagia

BOGOR – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Alun-alun Kota Bogor di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Jumat (17/12/2021).

Nantinya, Alun-alun eks Taman Topi akan terintegrasi dengan pintu timur Stasiun Kereta Api Bogor yang usianya sudah 140 tahun.

Integrasi ini menjadi menjadikan Alun-alun Kota Bogor memiliki nilai sejarah.  Awal mulanya peradaban di Kota Bogor yang dulu bernama Buitenzorg pada masa kolonial tahun 1745-1808.

\"Kenapa sangat istimewa? Karena punya dimensi sejarah. Tidak semua kabupaten/kota di Jawa Barat miliki. Yakni menempel dengan stasiun yang usianya 140 tahun dan akan ada masjid agung,\" ujar Ridwan Kamil.

Dengan peresmian ini, Gubernur berharap bisa memberikan manfaat dan kenyamanan bagi warga Bogor dan sekitarnya. Terutama, untuk berinteraksi sosial dengan aman dan mengutamakan protokol kesehatan. 

\"Ciri kota yang baik adalah yang warganya sering nongkrong di taman atau ruang publik. Ini  menandakan kotanya aman dan nyaman,\" ucapnya.

Gubernur juga menyebut, peresmian semakin istimewa karena bertepatan dengan hari ulang tahun Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Yakni, ulang tahun ke 49 tahun.

\"Makan bihun makan roti srikaya, selamat ulang tahun Kang Bima Arya,\" demikian pantun yang lekat dengan pribadi Ridwan Kamil.

Selain Kota Bogor, Gubernur Jawa Barat juga memberikan anggaran hibah kepada 27 kabupaten/kota di Jawa Barat untuk membangun alun-alun. Karena, menurut Ridwan Kamil, alun-alun sebagai identitas dari kabupaten/kota. “Anggaran telah kami siapkan,” tuturnya.

\"Kepada warga Kota Bogor, semoga mendapatkan rasa Bahagia bisa berinteraksi di tempat yang sangat istimewa ini,\" tambahnya.

Sementara, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, pembangunan alun-alun ini merupakan komitmen nyata dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Apalagi, Gubernur Jawa Barat, menghadiri langsung peresmiannya.

Wali Kota Bima Arya juga menyebutkan, kedepan, Pemerintah Kota Bogor akan membangun jalur pejalan kaki. Konsepnya ramah untuk warga, agar bisa berkumpul dengan keluarga untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Bima pun telah berkoordinasi dengan PT KAI untuk mengoneksikan alun-alun tersebut dengan Stasiun Bogor dan Masjid Agung. Termasuk menghadirkan skybridge untuk fasilitas warga dalam beraktivitas. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: