Peran Hormon Insulin dalam Mengendalikan Gula Darah

Peran Hormon Insulin dalam Mengendalikan Gula Darah

Diabetes mellitus adalah penyakit di mana kadar gula dalam darah menjadi terlalu tinggi akibat ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan glukosa menjadi energi. Glukosa tidak bisa diubah karena jumlah insulin dalam tubuh tidak cukup, atau sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

3. Insulinoma

Insulinoma adalah tumor kecil di pankreas. Tumor ini akan mengakibatkan produksi insulin menjadi berlebihan.

4. Sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lain, seperti stroke dan diabetes.

Sebaliknya, keadaan di mana insulin tidak bekerja secara efektif untuk menurunkan kadar gula darah, atau disebut resistensi insulin, juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sindrom metabolik.

5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS adalah suatu kondisi medis yang menyebabkan gangguan pada kerja ovarium. PCOS mengakibatkan kadar beberapa hormon dalam tubuh menjadi tidak normal, termasuk kadar hormon insulin yang menjadi lebih tinggi.

Banyak wanita dengan PCOS juga mengalami resistensi insulin. Akibatnya, tubuh akan memproduksi insulin lebih banyak lagi.

Insulin adalah salah satu hormon penting dalam tubuh. Tanpa hormon insulin, sel-sel akan kekurangan energi dan harus mencari sumber tenaga alternatif. Akibatnya, komplikasi yang mengancam jiwa bisa terjadi.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter dan melakukan pemeriksaan gula darah secara teratur. Jika terdapat tanda-tanda gangguan pada insulin, dokter bisa segera menentukan langkah pengobatan yang sesuai.(len)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: