Sajian Nasi Kotak Bikin Pemain Timnas Indonesia Main Loyo?

Sajian Nasi Kotak Bikin Pemain Timnas Indonesia Main Loyo?

PELATIH Shin Tae-yong sempat mengeluhkan sajian nasi kotak yang disediakan panitia selama gelaran AFF 2020 di Singapura.

Asupan nutrisi bagi seorang atlet, sangat berbeda dengan orang biasa, apalagi menjelang pertandingan, jenis makanan yang dikonsumsi harus menjadi perhatian.

Baca Juga!

Ketua Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (ISNA), Rita Ramayulis menjelaskan, makanan sebelum bertanding tak bisa mencukupi kebutuhan hidrasi.

Hal tersebut akan akan berdampak pada performa dan risiko gangguan pencernaan akibat makanan yang tidak tepat.

\"Jadi sudah pasti kalau nasi kotak itu jarang sekali atlet bisa mendapat asupan gizi yang cukup. Biasanya juga pengolahan nasi kotak itu minim sayuran,\" jelas Rita, seperti dikutip dari detikcom, Rabu (29/12/2021).

Lantas, seperti apa pemenuhan nutrisi dan menu makanan pemain bola yang tepat?

Baca Juga!

Mengutip halaman hellosehat.com, nutrisi pemain sepak bola dan pemilihan menu makanannya perlu diatur.

Sehingga sebelum pertandingan dimulai, proses pencernaan makanan sudah selesai agar aliran darah terkonsentrasi menuju otot rangka.

Aliran darah ke otot rangka ini bertujuan untuk menyalurkan zat gizi dan oksigen agar bergerak cepat, misalnya menendang bola.

Zat gizi dan oksigen yang tersalurkan dengan baik ke aliran darah, kondisi fisik pemain sebelum dan selama bertanding akan terjaga.

Selain itu, pemain bola tetap harus mengawasi asupan cairannya, supaya tidak dehidrasi akibat cairan tubuh keluar saat bermain.

Tambahan air putih, jus buah, atau minuman olahraga saat bertanding dan setelahnya, bisa mencegah dehidrasi si pemain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: