Selain Kurma, Nabi Anjurkan Ini untuk Berbuka Puasa, Khasiatnya Sama

Selain Kurma, Nabi Anjurkan Ini untuk Berbuka Puasa, Khasiatnya Sama

Radarcirebon.com, DI ANTARA sunah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW kepada umatnya yang sedang berpuasa adalah segera menyegerakan berbuka.

Dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari – Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.”

Hadis ini menegaskan karakter Islam yang tidak suka beragama secara berlebih-lebihan.

Selain menyegerakan berbuka, Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya untuk mengonsumsi menu tertentu pada saat berbuka.

Sebagaimana banyak dikisahkan sahabat Nabi SAW, yang disunahkan untuk berbuka puasa adalah mengonsumsi kurma.

Namun, dalam berbagai riwayat bukan hanya kurma yang dianjurkan Rasulullah, tetapi juga air putih.

Kedua menu ini biasa Rasulullah konsumsi pada saat berbuka biasa.

Jadi, kalau tidak ada kurma, air putih adalah barang halal yang disunahkan pertama kali untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan At-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda,” Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci.

Dilansir dari laman web Nahdlatul Ulama (NU), dalam Mir’atul Mafatih, Al-Mubarakfuri mengatakan kurma sangat baik dikonsumsi ketika berbuka.

Kurma termasuk makanan pokok yang dapat menguatkan tubuh, terutama menyegarkan mata, setelah puasa seharian.

Air putih juga punya khasiat sama. Selain suci dan bersih, air putih sangat baik dikonsumsi sebelum mencicipi menu buka puasa lainnya.

Penjelasan Al-Mubarakfuri ini sejalan dengan penelitian kesehatan modern. Setelah diteliti, zat yang paling dibutuhkan tubuh pada saat puasa ialah glukosa. Di antara makanan yang mengandung zat ini adalah kurma.

Makanya, kurma sangat baik dikonsumsi ketika berbuka. Bila tidak ada kurma, konsumsi makanan lain yang juga mengandung glukosa atau cukup diawali dengan minum segelas air. (jpnn/ing)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: