Muncul Covid-19 Varian XE dengan Gejala Demam Hingga Gangguan Pencernaan

Muncul Covid-19 Varian XE dengan Gejala Demam Hingga Gangguan Pencernaan

Radarcirebon.com - Kini ditengah euforia berbagai negara melakukan pelonggaran pembatasan covid-19, muncul varian baru. Nama varian baru itu XE yang merupakan rekombinan dari subvarian omicron BA.1 dan BA.2. Tingkat keparahannya belum diketahui namun gejalamua di laporkan Inggris dimana varian ini pertama ditemukan.

WHO mmberitahu virus rekombinan kedua XE menegaskan bahwa varian ini 10 kali lebih mudah menular daripada BA.2. XE adalah virus rekombinan yang diumumkan oleh organisasi kesehatan dunia.

Studi UK Health Security Agency (UKHSA) baru-baru ini mengungkapkan bahwa saat ini ada 3 varian hybrid Covid-19 yang beredar. Dua kombinasi Delta dan BA.1 yang berbeda adalah XD dan XF. Yang ketiga adalah X

Gejala dan tingkat keparahan virus Covid-19 berbeda dan berubah dari orang ke orang, tergantung pada status vaksinasi dan kekebalan dari infeksi sebelumnya. Beberapa gejala yang harus diwaspadai antara lain demam, sakit tenggorokan, tenggorokan gatal, batuk pilek, iritasi dan perubahan warna kulit, gangguan gastrointestinal (pencernaan).

Beberapa gejala penyakit berat adalah sakit jantung, jantung berdebar, dan terkadang virus juga bisa menyebabkan penyakit saraf yang parah. Ini bisa terjadi pada kelompok rentan dan pada mereka yang status vaksinnya belum dua dosis hingga booster.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan dalam pembaruan terbarunya bahwa rekombinan XE pertama kali terdeteksi di Inggris pada 19 Januari dan lebih dari 600 urutan telah dilaporkan dan dikonfirmasi sejak saat itu. WHO mengatakan bahwa XE termasuk dalam varian Omicron dan tingkat keparahannya masih diteliti. (len/jp)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: