Jelang Mudik, Gencar Vaksin Booster di Kota-kota Pemberangkatan

Jelang Mudik, Gencar Vaksin Booster di Kota-kota Pemberangkatan

Radarcirebon.com - Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy terus berupaya mencegah terjadinya lonjakan kasus covid-19 usai mudik lebaran, salah satunya dengan menggencarkan vaksinasi booster.

Muhadjir menyatakan, saat ini pemerintah tengah menyiapkan strategi-strategi menghadapi lonjakan masyarakat yang akan mudik. Menurutnya dua tahun tanpa mudik lebaran diprediksi memicu antusiasme masyarakat pada tahun ini.

Masih menurut Muhadjir kepada wartawan, Kamis, 14 April 2022, mengatakan,“Dua tahun ini pemerintah tak menyiapkan kebijakan mudik. Tahun ini kita tata dan siapkan mudik sebaik-baiknya, dari aparat keamanan, penyelenggara transportasi sampai kesehatan”.

Arus mudik lebaran tahun ini diperkirakan akan sangat besar. Sekitar 80 juta orang pemudik diprediksi akan pulang ke kampung halamannya.

BACA JUGA:

Karena itu, sejak jauh-jauh hari penataan dan penyiapan mudik tengah dipersiapkan oleh pemerintah. Salah satu cara yang diambil yakni dengan optimalisasi program vaksinasi Covid-19 secara lengkap, termasuk booster yang dilaksanakan selama Ramadan ini.

Dengan vaksin lengkap, diharapkan dapat melindungi kesehatan para pemudik, dan juga keluarga sanak saudara di kampung halaman agar tidak terjadi penularan virus.

“Vaksinasi ini memang diutamakan di wilayah-wilayah tempat pemberangkatan mudik seperti Jabodetabek, Jabar, Jateng dan kota-kota besar di Jatim dan kota luar Jawa termasuk Medan, Makassar, dan sekitarnya,” ucapnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: