Hj Rusmini Bangkit dan Sukses Bangun Desa

Hj Rusmini Bangkit dan Sukses Bangun Desa

CIREBON-Perempuan bisa menjadi aktor strategis di dalam pembangunan. Seiring berjalannya waktu, perempuan mulai bangkit dan berhasil membuktikan bahwasanya keberadaan mereka layak untuk diperhitungkan.

Seperti halnya yang disandang Hj Rusmini yang merupakan kuwu (kepala desa) Panongan, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon. Di dalam kepemimpinan ibu dua anak ini,  Desa Panongan kini mempunyai status yang cukup mentereng. Yakni, desa mandiri.

Berkat tangan dingin seorang perempuan bernama Hj Rusmini SE, Desa Panongan saban tahun terus meningkatkan levelnya. Baik dari segi pelayanan publik, pembangunan infrastruktur, peningkatan kesejahteraan rakyat, peningkatan pendapatan asli desa dan lainnya.

Hj Rusmini juga layak disebut srikandi sekaligus Kartini masa kini. Ia yang dipercaya oleh masyarakat Desa Panongan memimpin desa pada tahun 2012 lalu, kembali terpilih menjadi kuwu pada tahun 2019 hingga sekarang.

BACA JUGA:

“Tugas pertama saat menjadi kuwu yang harus segera dilaksanakan adalah membangun kantor balai desa yang cukup representatif, guna menunjang pelayanan publik. Saya bangun ulang kantor balai desa. Tujuannya, agar masyarakat bisa nyaman dan bangga ketika datang ke kantor balai desa,” tuturnya kepada Radar Cirebon, Kemarin.

Selain membangun gedung, tahap selanjutnya adalah membuat sistem manajemen tata kelola desa. Secara spesifik kata dia, berbeda dengan desa yang lain, seluruh perangkat dan staf di balai desa tidak menerima bengkok, melainkan hanya gaji dan tunjangan saja.

“Bengkok yang menjadi hak setiap perangkat desa, langsung kita lelangkan bersama dan hasilnya masuk ke dalam kas desa,” katanya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: