Dibanding 2019, Pengguna Tol Saat Mudik Naik 2 Persen

Dibanding 2019, Pengguna Tol Saat Mudik Naik 2 Persen

CIREBON- Menjelang 2 hari sebelum hari Lebaran 2022, kondisi lalu lintas (lalin) di ruas Tol Cipali sejak dini hari terpantau ramai lancar. Tercatat peningkatan lalin sebesar 97.235 kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Palimanan pada Sabtu,29 April 2022. Sedangkan untuk data lalin yang melintas di hari sebelumnya (28/4) sebesar 105.661 kendaraan.

Pada hari Sabtu, 30 April 2022 telah dilakukan Pantauan udara lalin Lebaran 2022 oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Prof Dr Techn Ir Danang Parikesit MSc beserta jajaran yang didampingi oleh Agung Prasetyo, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali juga Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano di Bandara Cakrabuana Cirebon.

Kepada sejumlah media, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, Agung Prasetyo menuturkan, total kendaraan yang melintas di ruas Tol Cipali sejak H-15 hingga H-4 tercatat 778.289 kendaraan. Secara Visi Ratio (Vc Ratio) normal kendaraan per jam di ruas tol Cipali dengan nilai 1 : sebesar 4.738 kendaraan/jam, peningkatan kendaraan mendekati Vc Ratio sebesar 0.81 atau 3.787 kendaraan/jam terjadi di hari Rabu, 27 April.

“Hal ini sesuai dengan prediksi kami saat puncak mudik akan terjadi peningkatan lalin sekitar 2% dibandingkan tahun 2019,”ungkapnya.

BACA JUGA:

Pada kesempatan ini, Kepala BPJT, Danang Parikesit manyampaikan, hasil pantauan udara lalu lintas jalan tol mulai wilayah barat menuju timur terpantau ramai lancar, begitu juga dengan jalan di arteri. rekayasa lalin atas diskresi Kepolisian dapat mengurai kepadatan puncak arus mudik Lebaran 2022.

“Sesuai diskresi Kepolisian pada hari Sabtu 30 April lalin direncanakan akan diberlakukan normal mulai dari KM 47 ruas tol Cikampek hingga Gerbang Tol Kalikangkung. Dihimbau kepada para pengguna jalan untuk tetap mematuhi tata tertib, menjaga batas kecepatan kendaraan dan juga jarak aman agar perjalanan selama mudik lancar,aman dan nyaman,”kata Danang.

Pengguna jalan juga dihimbau untuk menyiapkan saldo minimal Rp500.000 atau sesuai dengan exit gerbang yang dituju. Besaran tarif untuk pengguna jalan dari GT Kalikangkung s.d GT Cikampek Utama adalah Rp372.000.

Berita berlanjut di halaman berikutnya....

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: