Akhirnya ke Tanah Suci

Akhirnya ke Tanah Suci

Radarcirebon.com - KEMENTERIAN Agama Kota Cirebon memastikan sebanyak 158 calon jamaah haji (calhaj) bakal berangkat pada musim haji tahun 2022 ini. Ketetapan kuota ini didasarkan pada Keputusan Menteri Agama RI Nomor 405 Tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Cirebon Rokhiyatun MPdI kepada Radar Cirebon menyebutkan jumlah kuota tahun ini hanya 48 persen dibandingkan dengan kuota pada tahun 2019. Dimana tahun 2019 sendiri merupakan penyelenggaraan ibadah haji terakhir yang diikuti oleh jamaah haji Indonesia, sebelum pandemi Covid-19 yang mulai merebak pada awal 2020 lalu.

“Tahun ini kita mendapatkan kuota sebanyak 158 jamaah. Rencananya akan berangkat pada tanggal 14 juni dan masuk ke dalam kloter 33 bersama dengan jamaah asal Kota Cirebon melalui Embarkasi Bekasi,” ungkap H Rokhiyatun, kemarin.

Rokhiyatun menambahkan, Pemerintah Arab Saudi sendiri telah menetapkan kuota haji Indonesia tahun ini hanya 100.051. Jumlah ini terdiri dari 92.825 kuota jemaah haji regular, 7.226 kuota jemaah haji khusus, dan 1.901 kuota petugas. Semuanya berkurang dari kuota normal sehingga tentu saja ada jemaah yang sudah melunasi pada tahun 2020 tapi belum bisa berangkat tahun ini.

BACA JUGA:

Saat ini, pihaknya mengaku masih melakukan proses verifikasi langsung terhadap para calhaj yang direncanakan akan berangkat.

Proses verifikasi sendiri dilakukan untuk memastikan seluruh jemaah yang berangkat memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Misalnya mereka yang berangkat berusia paling tinggi 65 tahun 0 bulan per tanggal 30 Juni 2022, paling rendah 18 tahun serta sudah menerima vaksinasi Covid-19.

Berita berlanjut di halaman berikutnya....

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: