Universitas Widyatama PKM, Gandeng UGJ

Universitas Widyatama PKM, Gandeng UGJ

CIREBON - Pengabdian kepada masyarakat (PKM) dilakukan dengan membantu pelaku UMKM menyusun laporan keuangan berbasis sistem digital. Hal itulah yang dilakukan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Widyatama Bandung, melalui FEB Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon.

PKM berlangsung Selasa (7/6), di kampus 1 UGJ Cirebon. Pada kesempatan tersebut, digelar workshop Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Sistem Aposerba pada Koperasi UMKM Indonesia (Komindo) Cirebon.

Ketua Cluster Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (L2PM)  Universitas Widyatama Bandung,  Paulus Sugianto Yusuf menjelaskan, pihaknya melalui FEB bekerja sama dengan FEB UGJ Cirebon menyelenggarakan workshop. PKM mengambil tema: “Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Sistem Aposerba Pada Koperasi UMKM Indonesia (Komindo) Cirebon”, dalam bentuk workshop, pelatihan dan konsultasi.

Pembicara mengenai topik ini, kata Paulus, adalah Moh Yudi Mahadianto SE MM dari FEB UGJ Cirebon. Dirinya mengapresiasi Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama dengan FEB UGJ, Komindo, FEB Universitas Widyatama Bandung, LP2M Universitas Widyatama Bandung, serta Cluster Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Widyatama Bandung.

BACA JUGA:

Adapun peserta workshop adalah pelaku  UMKM Binaan Komindo se-Kabupaten Cirebon. Tujuan umum yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini, adalah, meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan UMKM.

Sedangkan tujuan khusus yang diharapkan dari pelaksanaan PKM ini adalah, para pelaku UMKM dapat mengetahui pentingnya laporan keuangan dalam kegiatan usaha. Serta mampu menyusun laporan keuangan tersebut sebagai bagian dari laporan pertanggungjawaban.

Universitas Widyatama dan UGJ, dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Disamping melaksanakan pendidikan yang tertuang pada Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 20 serta Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45, dia menegaskan, penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: