Pentingnya Wawasan Nusantara dan Kepemimpinan Pancasila

Pentingnya Wawasan Nusantara dan Kepemimpinan Pancasila

CIREBON - Perkembangan zaman dan tantangan global kedepan dibutuhkan kepemimpinan yang berwawasan nusantara dan memiliki leadership yang mengacu nilai nilai Pancasila.

Hal ini dikatakan Hj Maya Damayanti S.SiT MH, di sela-sela acara Diklat Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan ke-2 diselenggarakan Sabtu 11 Juni 2022.

Maya menjelaskan, pada kesempatan ini tim kelompok 4 mendiskusikan salah satu tema yang diangkat dalam pembelajaran ini yaitu Strategi Transisi Pandemi menuju Endemi Covid 19, termasuk didalamnya bagaimana menumbuhkan semangat wawasan nusantara dan kepemimpinan Pancasila.

Menurut Maya, perkembangan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia saat ibu sudah jauh membaik, sehingga pemerintah memutuskan untuk melakukan pelonggaran sejumlah aktivitas masyarakat dan bersiap untuk masa transisi dari pandemi ke endemi.

BACA JUGA:

Presiden Jokowi Instruksikan Kemlu dan Dubes Bantu Kepulangan Jenazah Eril

Tatanan normal baru yang sudah mulai diterapkan di Indonesia merupakan langkah pemerintah untuk membuka kembali aktivitas perekonomian yang sempat terganggu akibat pandemi Covid-19.

Tidak hanya dari segi ekonomi, lanjut Maya, kesehatan masyarakat juga tetap menjadi prioritas utama pemerintah dalam menghadapi new normal.

Upaya penanganan dan mitigasi yang optimal untuk mencegah penyebaran virus ini terus dilakukan,  mulai dari penerapan physical distancing, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipetakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: